0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tali Tambat
11
May
Tali Tambat untuk Kapal, Fungsi dan Jenisnya
May 11, 2021By Velasco Indonesia

Ketika kapal berhenti di suatu titik, misalnya di dermaga atau di tengah laut, diperlukan sistem penambatan kapal yang mumpuni agar kapal tidak bergerak. Untuk itu diperlukan tali tambat. Seperti apa fungsi dan jenisnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Sistem penambatan kapal disebut juga dengan mooring system. Seperti namanya, tali tambat berfungsi untuk menambatkan kapal di dermaga, atau digunakan untuk menarik kapal oleh kapal lain (misalnya kapal tunda atau tug boat).

Ada beberapa jenis tali yang bisa dipakai untuk menambat kapal. Mulai dari tali dari bahan alami, sintetis, hingga tali baja. Sebelum digunakan, setiap tali tersebut (apa pun jenisnya) harus melewati tes tarik. Biasanya tali yang dijual untuk mooring system telah dilengkapi dengan sertifikat pengetesan.

Tali dari Serat Alami untuk Mooring System

Tali dari serat natural menjadi andalan untuk tali tambat. Misalnya adalah tali tambang yang terbuat dari serat abaca (tali manila), tali sisal, tali rami, tali sabut kelapa, tali jute, dll. Keunggulan tali sintetis adalah punya kekuatan yang besar, dapat terapung, tahan air, punya daya rengggang dan daya lentur yang baik.

Tali dari Serat Sintetis untuk Mooring System

Contohnya adalah tali polypropylene (tali PP) atau tali nilon. Kelebihan tali sintetis ini adalah penampakannya lebih bersih (halus dan mengkilap), lebih kuat dari tali manila, faktor keselamatannya lebih besar dibanding tali manila, punya daya renggang dan elastisitas yang cukup tinggi.

Tali baja atau Wire Rope untuk Tali Tambat

Jenis wire rope yang digunakan untuk menambatkan kapal biasanya adalah tipe galvanis karena lentur dan telah mendapat persetujuan badan klasifikasi. Dalam beberapa kapal, wire rope untuk mooring system digulung pada sebuah drum yaitu mooring winches.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat kapal seperti tali tambang, (tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP) wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat rigging, alat safety kapal, alat lifting, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com