0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tali Tambang untuk Keramba
17
Mar
Tali Tambang untuk Keramba Jaring Apung
Mar 17, 2020By Velasco Indonesia

Keramba Jaring Apung (KJA) adalah teknik budidaya ikan yang dianggap paling produktif. KJA dapat diterapkan di berbagai tempat misalnya waduk, danau, ataupun laut. Jadi, semua jenis ikan, baik air tawar maupun air laut dapat dibudidayakan dengan KJA. Nah salah satu komponen penting pada KJA adalah tali tambang untuk keramba jaring apung.

Tali Tambang untuk Keramba Jaring Apung Berkualitas

Konstruksi KJA terdiri dari beberapa bagian, yaitu kerangka, pelampung, pengikat keramba, jaring apung, jangkar penahan jaring, pemberat, dan penahan jaring (tali ris). Pada beberapa bagian tersebut, digunakan beberapa jenis tali tambang. Mari kita bahas satu per satu.

Kerangka KJA dibuat dengan menggunakan kayu, bambu, atau bisa juga besi yang tentunya sudah dilapisi bahan anti karat (karena akan digunakan di air). Kayu dan bambu lebih murah, tapi masa pakainya lebih sebentar ketimbang besi.

Pelampung KJA berfungsi untuk membuat seluruh komponen dapat terapung. Digunakan drum besi atau plastik, styrofoam atau fiberglass.

Pengikat KJA biasanya digunakan tali tambang plastik, serta kawat ukuran 5mm. Fungsinya untuk mengikat kerangka, pelampung serta jaring.

Jangkar KJA gunanya untuk menahan supaya KJA tidak kemana-mana. Jangkar terbuat dari bahan berat seperti semen, batu, atau besi. Jangkar diikat dengan tali tambang plastik dan dipasang sebanyak 4 buah di setiap sudut KJA.

Jaring KJA biasanya dibuat dari tali polyethylene (tali PE) atau jaring trawl. Ukuran mata jaringnya menyesuaikan dengan jenis ikan yang bakal dibudidayakan. Semakin kecil ikan, tentu semakin kecil pula mata jaringnya. Jaring trawl dapat diperoleh di pasaran berupa lembaran atau gulungan, jadi tinggal dipotong sesuai kebutuhan.

Terakhir adalah tali penahan jaring (tali ris), dipasang di bagian atas dan bawah jaring. Tali penahan jaring untuk air tawar biasanya menggunakan tali plastik dengan diameter 5-10 mm. Kalau di air laut, biasanya menggunakan tali nilon atau tali tambang lain yang kuat terhadap salinitas (tingkat kadar garam laut).

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis tali tambang berkualitas, seperti tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.