0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tali Tambang untuk Evakuasi
19
Mar
Tali Tambang untuk Evakuasi Banjir
Mar 19, 2020By Velasco Indonesia

Di awal tahun 2020, warga Jakarta, Jawa Barat, Banten dan daerah-daerah di sekitarnya kebanjiran. Ribuan rumah terendam, banyak tanah longsor, akses jalan terputus, dan korban jiwa pun berjatuhan. Tanpa lelah tim SAR siaga melakukan evakuasi, salah satu alat yang digunakan adalah tali tambang untuk evakuasi banjir.  Alat ini sederhana, namun banyak manfaatnya.

Tali Tambang untuk Evakuasi Banjir

Tali tambang memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah sebagai perlengkapan untuk evakuasi saat terjadi bencana seperti banjir. Tali tambang dapat digunakan baik oleh petugas evakuasi maupun oleh warga di daerah-daerah rawan banjir sebagai peralatan antisipasi.

Menurut BMKG, musim penghujan di wilayah Indonesia belum akan berakhir sehingga potensi terjadinya banjir masih besar. Oleh karena itu, dihimbau agar warga selalu siaga karena banjir dapat terjadi kapan saja.

Menyiapkan tali tambang dapat menjadi salah satu cara untuk siaga banjir. Contohnya adalah yang dilakukan warga di daerah Bidara Cina, Jakarta Timur. Warga memasang tali tambang sepanjang kurang lebih 300 meter yang menghubungkan satu rumah ke rumah lainnya di RW 007, Kelurahan Bidara Cina.

Ketua RW 007 mengatakan daerah pemukimannya padat dan memiliki banyak gang, sehingga arus air cukup kencang saat banjir. Oleh karena itu tali tambang dipasang sebagai pegangan warga, agar tidak terseret air.

Tali tambang dipasang oleh anak-anak karang taruna RW 007. Mereka berkeliling dan memasang tambang di rumah-rumah yang lokasinya lebih rendah dari gang. Tali tambang di RW 007 merupakan hasil swadaya atau urunan warga setempat. Sebab, daerah RW 007 selalu menjadi langganan banjir tiap tahun.

Yuk Sedia Tali Tambang untuk Evakuasi Banjir

Mencontoh sikap siaga banjir seperti yang dilakukan warga di Bidara Cina, yuk mulai sediakan alat siaga banjir di lingkungan rumah Anda. Supaya saat banjir datang, pertolongan sudah dapat dilakukan secara swadaya, sebab pertolongan dari tim penyelamat belum tentu datang cepat. Salah satu alat sederhana yang dapat disiapkan untuk evakuasi adalah tali tambang.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis tali tambang untuk evakuasi banjir, seperti tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.