0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tali Nilon untuk Gawang Futsal
30
Mar
Tali Nilon untuk Gawang Futsal
Mar 30, 2020By Velasco Indonesia

Futsal merupakan salah satu cabang olahraga yang digandrungi banyak orang khusunya di daerah perkotaan. Olahraga turunan dari sepak bola ini disukai masyarakat perkotaan sebab tidak memerlukan tempat atau lapangan dengan ukuran besar seperti sepak bola. Membuat gawangnya pun mudah, cukup membeli tali nilon untuk gawang futsal.

Tali Nilon untuk Gawang Futsal, Cara Membuatnya Mudah!

Berikut cara membuat jaring gawang futsal secara sederhana menggunakan tali tambang nilon:

  1. Sediakan tiga buah tongkat dengan ukuran: dua buah tongkat 2 meter dan satu buah tongkat 3 meter. Sediakan juga tali nilon berukuran diameter 4 mm dan dipotong-potong dengan panjang kurang lebih 5 meter. Tali nilon untuk gawang futsal sangatlah cocok karena cukup kuat untuk menahan hempasan bola, mudah didapatkan dan harganya yang relatif murah.
  2. Buatlah sebuah gawang sederhana dengan memasang dua tongkat berukuran 2 meter di kiri dan kanan secara vertikal dengan jarak 3 meter sebagai tiang gawang kiri dan kanan. Pasang tongkat ukuran 3 meter ujung atas tiang gawang sehingga kedua tiang saling terhubung. Tongkat 3 meter merupakan mistar gawangnya. Pastikan gawang sederhana tersebut cukup kuat.
  3. Ikatkan tali nilon pada tongkat mistar gawang dengan jarak antara tali selebar satu jengkal jari atau 15 cm. Sebelum diikat, bakar ujung-ujung tali agar urat-urat tali menyatu dan tidak tercerai saat diikat. Tali-tali yang diikat akan menjuntai vertikal.
  4. Setelah itu ikat tali secara horizontal dengan jarak antar tali selebar 15 cm. Tali horizontal diikatkan membentang dari tiang gawang kiri ke kanan pada setiap tali vertikal yang terikat di mistar gawang. Dengan demikian akan terbentuk jaring-jaring dengan ukuran persegi tiap jaring 15 cm.
  5. Agar tidak membingungkan saat membuat jaring gawang, sediakan tali nilon dengan dua warna beberbeda. Contohnya untuk tali-tali vertikal berwarna biru sedangkan untuk tali horizontal berwarna hijau atau kuning.
  6. Perhatikan teknik mengikat tali sebab jangan sampai simpul tali tersebut terlepas saat terkena hempasan tendangan bola. Ikat tali secara kuat pada persambungan vertikal-horizontal secara kuat dengan cara disimpul dua kali. Terlebih dahulu ikat kuat tali vertikal pada tari horizontal, setelah itu ikat kembali tali horizontal pada tali vertikal pada simpul tali yang telah terbuat sebelumnya atau sebaliknya.

Lebih jelasnya, bisa dilihat di video berikut ini. Selamat mencoba ya.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual tali nilon untuk gawang futsal. Kami juga menyediakan tali tambang berkualitas lainnya, seperti tali manila, , tali PE dan tali PP. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.