0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tali Baja Elevator
02
Jun
Tali Baja Elevator Tahan Lama
Jun 02, 2020By Velasco Indonesia

Salah satu elemen penting dalam bidang konstruksi adalah tali baja atau wire rope. Tidak seperti tali biasa lainnya, tali baja merupakan tali yang dirajut dari kawat baja atau besi. Salah satu jenis tali baja yang sering digunakan dalam bidang konstruksi adalah tali baja elevator.

Jenis Tali Baja Elevator

Berikut ini beberapa jenis wire rope pada umumnya, termasuk yang juga digunakan untuk elevator:

Fungsi Tali Baja Elevator

Sesuai namanya, maka kita tahu peruntukkannya. Tali baja elevator digunakan untuk kebutuhan elevator atau lift. Wire rope ini didesain dengan tingkat kelenturan yang tinggi. Hal ini disebabkan karena tali baja untuk lift akan sering ditekuk oleh katrol. Sehingga jika tali bajanya tidak memiliki tingkat kelenturan yang tinggi atau kaku, maka bisa dipastikan tali tersebut dapat cepat putus. Kekuatan tali baja jenis ini juga harus sesuai dengan jenis elevator yang akan dipasang.

Tali Baja Elevator, Kenali Juga Jenis-Jenis Elevator

Ada lima jenis elevator yang perlu anda ketahui, yaitu;

  • Lift penumpang. Lift atau elevator ini adalah jenis elevator pada umumnya dijumpai sehari-hari. Lift atau elevator ini terbagi lagi jadi dua jenis, yaitu jenis hydraulically-driven untuk tinggi maksimum 15 meter, dan jenis elevator traction-driven yang mempunyai jangkauan lebih dari 15 meter.   
  • Lift kargo. Dari namanya maka kita bisa tahu manfaatnya, yaitu untuk mengangkat barang-barang kargo seperti kendaraan bermotor, alat-alat industri dan kebutuhan industri lainnya.
  • LULA atau Limited Use/Limited Application. Lift ini adalah jenis elevator khusus untuk gedung dengan ukuran ruangan yang terbatas. Lift jenis ini biasa digunakan untuk ukuran gedung kantor yang kecil ataupun gedung publik lainnya dengan tiga lantai.
  • Lift rumah. Elevator jenis ini digunakan untuk kebutuhan rumah. Secara umum lift rumah diperuntukkan bagi orang-orang disabilitas atau orang berkebutuhan khusus dan untuk para lansia serta ibu hamil yang butuh lift untuk naik turun di rumah.
  • Lift personal. Lift ini digunakan untuk kebutuhan khusus seperti tower, pembangkit listrik, dan fasilitas bawah tanah.

Tips Tali Baja Elevator Kuat dan Tahan Lama

Supaya sebuah tali baja lift bisa tetap kuat dan tahan lama, salah satu tips-nya adalah lakukan pemeriksaan secara rutin, mulai dari memeriksa diameter tali baja hingga memperhatikan kondisi fisik tali baja (misalnya apakah ada kawat yang putus atau tidak). Lalu apabila menemukan ada tanda-tanda kerusakan, maka segera ganti tali baja tersebut supaya tidak membahayakan pengguna elevator. Cara memeriksa dan mengganti wire rope elevator dapat diperhatikan dalam video berikut ini.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor wire rope berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.