0
  CONTACT US by WHATSAPP
Solusi Keselamatan Kapal
30
Dec
Solusi Keselamatan Kapal Laut
Dec 30, 2019By Velasco Indonesia

Kapal merupakan sarana transportasi yang mengangkut banyak orang dan barang. Oleh karena itu, bahaya atas keselamatan di atas kapal laut harus selalu diwaspadai setiap saat. Solusi keselamatan kapal laut wajib dipahami setiap pekerja di atas kapal agar dapat menyelamatkan penumpang dan juga menyelamatkan diri sendiri saat terjadi kecelakaan kapal.

Solusi Keselamatan Kapal Laut dengan Peningkatan SDM

Hal yang mendasar dalam menjamin keselamatan di kapal adalah sumber daya manusia (SDM) yang profesional. SDM yang profesional dapat dikembangkan melalui pelatihan keterampilan, khususnya di bidang keselamatan. Maka dari itu, setiap personil yang bekerja di kapal diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang diatur oleh Internationational Martime Organization (IMO) sesuai dengan STCW 2010Sectio A-VI/Code 1-1 dan pemerintah setempat.

Solusi Keselamatan Kapal dengan Manajemen Kapal

Pengenalan terhadap prosedur-prosedur darurat di atas kapal merupakan salah satu solusi keselamatan di kapal. Sebab kecelakaan dapat terjadi pada kapal baik dalam pelayaran, sedang berlabuh, atau sedang melakukan kegiatan bongkar muat di terminal/pelabuhan.

Manajemen kapal memperhatikan bagaimana koordinasi antar awak kapal dapat berjalan dengan baik, termasuk menyangkut sistem yang menjamin kesehatan dan keselamatan kerja para awak kapal baik dalam keadaan normal maupun dalam situasi darurat. Hal ini tercantum dalam Health and Safety Work Act tahun 1974.

Solusi Keselamatan Kapal Laut dengan Peralatan Keselamatan

SDM yang mumpuni haruslah dilengkapi dengan peralatan-peralatan penunjang keselamatan yang mumpuni juga. IMO melalui regulasi Safety of Life at Sea (SOLAS) juga mengatur tentang kelengkapan peralatan keselamatan di kapal. Misalnya, dalam SOLAS tercantum peraturan tentang jumlah sekoci, pelampung, alat pemadam api ringan (APAR) dan sebagainya sesuai dengan besar dan peruntukan sebuah kapal. IMO juga mengatur prosedur penggunaannya.

Peralatan keselamatan yang telah terpasang di kapal juga harus dirawat secara berkala. Hal ini bertujuan agar sewaktu-waktu alat ini akan dibutuhkan, dapat bekerja secara optimal. Contohnya APAR yang isi dan tekanannya harus diperhatikan dan diganti secara berkala.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada jual alat keselamatan kapal lautdan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.