0
  CONTACT US by WHATSAPP
Sling Terbaik
24
Oct
Sling Terbaik: Webbing Sling, Chain Sling, Wire Rope?
Oct 24, 2020By Velasco Indonesia

Dunia rigging membutuhkan sling untuk aktivitas mengikat, menarik dan memindahkan barang-barang berat. Apa itu sling? Sling adalah pengait yang ada pada ujung rantai, wire rope atau tali sintetis seperti webbing. Nah, jadi ada tiga jenis sling yang paling banyak dipakai yaitu chain sling, wire rope sling, dan webbing sling. Manakah sling terbaik? Mari kenali dulu karakteristik sling satu per satu.

Sling Terbaik : Webbing Sling

Untuk keperluan mengangkat barang-barang yang rentan atau rapuh, webbing sling dapat diandalkan. Sebab webbing sling sangat fleksibel dan teksturnya seperti kain, jadi tidak merusak barang. Fleksibilitasnya juga sangat tinggi sehingga bisa mengikuti lekukan benda yang hendak diangkut. Webbing sling biasanya terbuat dari serat nilon atau polyester. Alat ini juga lebih ringan dan mudah dipasang, harganya pun murah.

Namun kekurangannya, webbing sling kurang tahan terhadap suhu panas. Webbing sling juga kurang tahan terhadap abrasi dan lebih mudah rusak apabila terkena benda tajam. Kekuatannya juga tidak sekuat chain sling dan wire rope sling.

Sling Terbaik : Chain Sling

Chain sling sangat diandalkan untuk urusan mengangkat beban yang sangat berat. Alat rigging yang satu ini memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga tahan terhadap benturan, suhu ekstrim serta paparan bahan kimia dan sinar UV. Kalau bagian sling pada rantai ada yang rusak, perbaikan atau penggantiannya lebih mudah dibanding sling jenis lainnya. Chain sling juga banyak dipakai sebagai alat kapal. Bentuknya yang terbuka juga membuat alat ini mudah dilakukan inspeksi atau dicek kelayakannya. 

Namun sling yang satu ini sangat berat. Selain itu harga chain sling juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan wire rope sling atau webbing sling.

Sling Terbaik : Wire Rope Sling

Wire rope sling sangat populer di berbagai industri seperti konstruksi, otomotif, minyak dan gas, manufaktur, dll. Alat ini punya harga yang lebih murah dan berat lebih ringan dibanding dengan chain sling.

Wire rope terbuat dari tali kawat baja yang dipelintir sedemikian rupa sehingga membentuk tali yang sangat kuat. Struktur ini membuat wire rope sling punya kekuatan dan daya tahan yang tinggi.

Namun struktur tersebut juga yang merepotkan dalam melakukan inspeksi, sebab kerusakan pada bagian dalam wire rope sulit terlihat. Penggunaanya juga perlu lebih hati-hati, sebab bisa merusak konstruksi tali bajanya. Kemudian apabila ada kerusakan, sulit diperbaiki, malah lebih disarankan untuk mengganti dengan perangkat yang baru.

Jadi Mana Sling Terbaik?

Ibarat memilih jodoh, memilih sling yang paling baik adalah sling yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi webbing sling yang kekuatannya lebih rendah belum tentu tidak lebih baik dibanding jenis sling yang lain. Begitu juga sebaliknya. Beberapa contoh faktor yang perlu diperhatikan adalah berat beban yang hendak diangkat, karakteristik barang (apakah rentan atau rapuh), serta lingkungan sekitar tempat penggunaan sling. Supaya tidak bingung sebaiknya berkonsultasi dengan distributor sling yang dapat dipercaya.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat rigging seperti wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat lifting, tali mooring, tali tambang, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com