0
  CONTACT US by WHATSAPP
Rompi Penolong Alat Safety
15
Sep
Rompi Penolong Alat Safety Kapal
Sep 15, 2020By Velasco Indonesia

Rompi penolong alat safety kapal sering juga disebut dengan life jacket atau jaket pelampung atau life vest. Seperti namanya, alat ini berbentuk seperti rompi atau jaket tanpa lengan yang dapat membuat penggunanya tetap mengambang di laut. Alat ini adalah salah satu alat keselamatan kapal yang sangat penting dan wajib ada di setiap kapal.

Spesifikasi Rompi Penolong Alat Safety Kapal

Life vest terbuat dari bahan karet dengan busa khusus. Menurut regulasi SOLAS, live vest idealnya dilengkapi dengan peluit (life jacket whistle) dan peluit (life jacket light). Selain itu, ketika digunakan untuk melompat dari ketinggian setidaknya 4,5 meter ke air, life vest tidak boleh terlepas, rusak dan membuat pemakainya cedera. Saat terkena api, setidaknya selama 2 detik, life vest tidak boleh sampai terbakar atau meleleh.

Sebagai salah satu alat safety kapal, jumlah life jacket pada kapal tidak boleh sembarangan. Jumlahnya harus sesuai dengan banyaknya penumpang hingga awak kapal. Selain itu juga harus ada life jacket untuk anak-anak.

Jenis Rompi Penolong Alat Safety Kapal

Secara umum, rompi penolong terbagi jadi 2 jenis, yaitu inflatable life jacket dan non-inflatable life jacket. Sesuai dengan namanya, inflatable life jacket adalah rompi pelampung yang harus diisi udara saat digunakan, ada life jacket yang otomatis mengembang saat masuk air, ada juga yang harus ditip manual terlebih dahulu. Jenis kedua adalah life jacket yang sudah memiliki foam apung khusus sehingga bisa langsung digunakan.

Namun berdasarkan USCG (United States Coast Guard), life jacket adalah personal flotation device (PFD) yang dibagi menjadi 5 tipe. Tipe 1 adalah offshore life jacket yang memiliki daya apung paling tinggi, sehingga cocok untuk semua jenis perairan, dan bisa membalikkan badan badan supaya wajah menghadap ke atas. Tipe 2 adalah near-shore life vest yang punya daya apung lebih rendah dibanding tipe 1 sehingga lebih cocok dipakai di area dengan arus air yang tenang.

Selanjutnya tipe 3 yaitu floatation aid, juga cocok dipakai di perairan yang tenang dan foamnya lebih tipis sehingga nyaman dipakai namun tidak dapat membuat wajah menghadap ke atas. Tipe 4 adalah throwable device, ini adalah satu-satunya tipe PFD yang bentuknya bukan berupa jaket, tapi seperti bantal atau ban yang punya fungsi sama yaitu membuat pemakainya mengapung di atas permukaan air, daya apungnya rendah.

Terakhir adalah tipe 5 atau special devices, yaitu jaket pelampung yang khusus dirancang untuk olahraga tertentu misalnya ski air, kayak, dll. Daya apungnya lebih rendah dan busanya juga lebih tipis.

Mau diskusi lebih banyak tentang alat keselamatan kapal? Yuk diskusi di Forum Distributor Alat Kapal.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada  sebagai distributor alat keselamatan kapal/alat safety, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com