0
  CONTACT US by WHATSAPP
Line Throwing
23
Jul
Line Throwing Apparatus Alat Kapal Jakarta
Jul 23, 2019By Velasco

Setiap alat transportasi wajib memiliki alat safety, tidak terkecuali kapal laut. Mengingat telah banyak terjadi kecelakaan kapal laut, maka secara internasional telah disepakati sebuah panduan keamanan yang tertuang dalam SOLAS atau Safety of Life at Sea. SOLAS mencatat semua kriteria alat keselamatan yang harus ada pada setiap kapal, salah satunya adalah line throwing.

Persis seperti namanya, alat ini berguna untuk melemparkan tali jarak jauh. Tujuannya adalah untuk memberi pertolongan kepada korban kecelakaan kapal yang sedang mengapung di air. Diharapkan korban dapat meraih tali yang dilemparkan, kemudian ditarik ke kapal penyelamat, atau bisa juga disambungkan ke sekoci yang selanjutnya akan ditarik ke arah kapal penyelamat.

Alat ini memang kurang dikenal dibanding alat keselamatan kapal lainnya, namun fungsinya cukup penting, sehingga setiap kapal sebaiknya menyediakan alat ini. Bentuknya seperti tabung dengan pegangan di salah satu sisinya. Selayaknya alat keselamatan pada umumnya, warna oranye mendominasi alat ini. Di dalam tabung terdapat tali sepanjang ratusan meter berwarna putih, dan sebuah roket kecil panjang yang dikaitkan ke salah satu ujung tali.

Roket kecil tersebut merupakan alat yang memungkinkan tali dapat terlempar jauh. SOLAS mencatat bahwa salah satu syarat line throwing yang baik adalah tali dapat terlempar sepanjang minimal 230 meter di air tenang. Jadi, roket mini tersebut harus sanggup melemparkan tali hingga 230 meter, dengan kondisi angin kencang sekalipun.

Cara menggunakannya mudah. Pertama, tarik safety pin. Kedua, arahkan line throwing ke arah korban kecelakaan kapal yang hendak diselamatkan. Ketiga, tekan tuas untuk mengaktifkan roket. Dengan demikian, tali akan segera terlempar ke arah korban. Setiap merek memiliki spesifikasi dan bentuk line throwing yang berbeda-beda, namun pada prinsipnya kurang lebih serupa. Perhatikanlah instruksi pemakaian yang terdapat pada kemasan.

Selain alat ini, terdapat beberapa alat keselamatan kapal lainnya yang juga wajib dimiliki setiap kapal: man over board (MOB), red hand flare, rocket parachute signal, serta smoke signal, sekoci darurat, life buoy, dan sebagainya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, distributor alat kapal terbaik di Jakarta. Kami jual line throwing merk Good Brother resmi dan berkualitas, dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual life jacket, jual life raft, jual MOB, jual smoke signal. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.