0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jual Kain Tahan Api
14
Feb
Jual Kain Tahan Api Berkualitas
Feb 14, 2020By Velasco Indonesia

Jangan pernah meremehkan kebakaran, sebab kebakaran sungguh dapat terjadi di mana saja. Mulai dari di rumah, di tempat kerja, hingga di tempat umum. Untuk itu perlu disiapkan beberapa alat pencegah kebakaran, sekaligus siapkan pula wawasan mengenai cara menangani api selagi masih kecil agar tidak melebar jadi kebakaran besar. Salah satu alat pemadam kebakaran sederhana yang dapat digunakan untuk mencegah api jadi lebih besar adalah kain tahan api. PT Velasco Indonesia Persada jual kain tahan api terlengkap di Jakarta.

Kain tahan api atau selimut tahan api juga dikenal dengan sebutan fire blanket. Dinamakan demikian karena kain ini dapat memadamkan api dalam tahap awal.

Jual Kain Tahan Api, Anda Juga Perlu Tahu Cara Kerjanya

Kain tahan api biasanya terbuat dari bahan yang dapat menahan api, misalnya adalah wol, serat aramid (kevlar), serat kaca, atau bahan tahan api lainnya. Bentuknya sederhana, hanya kotak persegi panjang seperti selimut. Beratnya pun ringan, tidak sampai 1 kilogram. Meski bentuknya sederhana, kain tahan api ini bisa menahan panas hingga 700 derajat Celcius.

Kok sebuah kain dapat memadamkan api? Begini ceritanya. Salah satu unsur dari api adalah oksigen, tanpa oksigen, api tidak dapat menyala. Nah, kain tahan api ini berfungsi menutup sumber oksigen dari api yang sedang menyala, sehingga api tidak lagi memiliki suplai oksigen, dan api pun otomatis padam.

Tapi perlu diperhatikan bahwa kain tahan api ini hanya dapat mengatasi api yang belum terlalu besar. Apabila api sudah lebih besar dari luas kain, maka alat ini sudah tidak dapat digunakan lagi.

Perlu diketahui juga bahwa terdapat beberapa kelas kebakaran berdasarkan sumber apinya. Nah, kain tahan api hanya dapat digunakan untuk kelas kebakaran A, B, dan F. rinciannya sebagai berikut:

  • Kelas kebakaran A: kebakaran dari bahan padat seperti kayu, kertas, plastik, dll.
  • Kelas kebakaran B: kebakaran dari bahan cairan mudah terbakar seperti bensin, thinner, dll.
  • Kelas kebakaran F: kebakaran yang terjadi pada bahan padat dan cair seperti minyak, lemak, dll.

Ada juga jenis kain tahan api yang bisa memadamkan api akibat dari saluran listrik. Namun perlu diingat bahwa kain tahan api tidak bisa memadamkan api yang sumbernya dari gas mudah terbakar dan logam.

Jual Kain Tahan Api, Ketahui Juga Cara Menggunakannya

Cara menggunakan kain tahan api sangatlah mudah. Pertama adalah tarik alat ini dari wadahnya, lalu taruh di sumber api, pastikan tidak ada udara yang dapat masuk menuju api. Setelah itu diamkan beberapa menit hingga api benar-benar mati.

Apabila digunakan untuk memadamkan api yang ada di tubuh seseorang, bungkuslah korban dengan kain tahan api, kemudian gulingkan. Tapi jangan sampai tutup mulut dan hidung korban, supaya korban bisa bernafas.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual kain tahan api berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat pemadam kebakaran lainnya seperti APAR dan fire hose. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.