0
  CONTACT US by WHATSAPP
Joining Shackle
03
Jan
Joining Shackle, Bedanya dengan Kenter Shackle
Jan 03, 2021By Velasco Indonesia

Setiap jangkar kapal memiliki beberapa aksesoris jangkar yang berfungsi untuk mendukung sistem penambatan pada sebuah kapal. Ada 2 jenis shackle yang termasuk dalam aksesoris jangkar, yaitu joining shackle dan kenter shackle. Bedanya apa ya? Yuk simak artikel berikut ini.  

Perbedaan joining shackle dan kenter shackle perlu dipelajari agar saat pemasangan pada jangkar nantinya tidak terjadi kesalahan. Sebab kesalahan pemasangan juga dapat berakibat fatal bagi perjalanan dan semua orang di dalam kapal.

Apa Bedanya Joining Shackle dan Kenter Shackle?

Perbedaan utama antara joining shackle dan kenter shackle ada pada bentuknya. Joining shackle memiliki bentuk menyerupai huruf “D”. Huruf D ini sebenarnya terbentuk dari dua bagian yaitu bagian yang berbentuk huruf “U” dan bagian pengunci yang berbentuk huruf “I”. Saat disatukan keduanya akan berbentuk huruf D. Kenter shackle sendiri memiliki bentuk seperti angka “8” (delapan) namun oval. Jadi seperti bentuk angka delapan tanpa ada lekukan di sisi-sisi luarnya.  

Perbedaan berikutnya adalah fungsi dari kedua alat lifting ini. Joining shackle secara umum memiliki dua fungsi. Pertama, alat ini dapat digunakan sebagai penghubung atau penyambung antara rantai jangkar dengan rantai jangkar, saat rantai jangkar tidak cukup panjang. Kedua, alat ini dapat digunakam sebagai penyambung antara jangkar dengan rantai jangkar.

Berbeda dengan kenter shackle. Alat ini memiliki fungsi utama sebagai penghubung atau penyambung antara satu rantai jangkar dengan rantai jangkar lainnya. Penyambungan rantai jangkar ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan panjang anchor chain yang dibutuhkan, mengingat rantai jangkar dijual dengan satuan length (1 length = 27,5 meter).

Kenter shackle sangat ideal sebagai penghubung rantai karena desain alat ini memang sangat mirip dengan mata rantai, dengan stud link di bagian tengahnya. Seperti shackle pada umumnya, kenter shackle bisa dibongkar pasang untuk proses penyambungan rantai jangkar.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com