0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Jala Kapal
10
Nov
Jenis Jala Kapal yang Dilarang Menteri Susi
Nov 10, 2018By Velasco

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah gencar membuat berbagai regulasi untuk menertibkan penangkapan ikan di laut lepas. Hal ini sangat penting sebab luas wilayah Indonesia didominasi oleh lautan, sehingga aktivitas penangkapan ikan di laut perlu dikelola agar tidak sampai merusak dan merugikan. Berikut ini beberapa jenis jala kapal yang dilarang pada pemerintahan Menteri Susi Pujiastuti.

Jala atau jaring atau pukat merupakan alat yang umum digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan. Ikan tersebut kemudian dikonsumsi sendiri dan dijual sebagai mata pencaharian utama mereka. Berbagai jenis pukat dibuat untuk dapat menangkap ikan sebanyak mungkin, namun sayangnya tidak semua nelayan sadar bahwa terdapat beberapa jala atau pukat yang dapat merusak ekosistem laut sehingga di masa datang justru akan merugikan nelayan tersebut.

Pukat yang merusak tersebut dilarang penggunaannya oleh pemerintah. Hal ini diatur dapam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets) di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

Pukat Hela

Pukat hela adalah jaring berkantong yang menggunakan alat pembuka mulut jaring. Cara menggunakan pukat hela adalah dengan dihela di belakang kapal dalam keadaan berjalan. Dalam proses tersebut, beberapa ikan tersapu masuk ke dalam kantong jaring. Pukat hela sering (trawls) sering juga disebut dengan pukat harimau.

Alat ini dilarang karena pukat hela dapat menyapu bersih ikan sampai dengan telur-telurnya. Selain itu penggunaan pukat hela juga berpotensi merusak terumbu karang sehingga penggunaan pukat hela dianggap tidak ramah lingkungan.

Pukat Tarik

Pukat tarik adalah jaring berkantong tanpa alat pembuka mulut jaring. Pukat tarik dioperasikan dengan cara mengepung atau melingkari gerombolan ikan, kemudian pukat tersebut ditarik ke kapal atau tepi pantai untuk dapat menyapu bersih ikan-ikan yang terjebak di jaring.

Sama seperti pukat hela, penggunaan pukat tarik ini tidak ramah lingkungan karena dapat mengganggu ekosistem hewan laut serta merusak terumbu karang yang berfungsi sebagai tempat tinggal para hewan laut.

Demikian beberapa jenis jala kapal yang dilarang digunakan oleh pemerintah. Pastikan kapal Anda tidak menggunakan jala tersebut agar tidak merusak lingkungan. Serta pastikan Anda membeli peralatan kapal dari distributor yang terpercaya agar terjamin kualitasnya.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami adalah distributor alat kapal berkualitas seperti tangga pandu, alat keselamatan, dll, dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.