0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jangkar Kapal Laut
18
May
Jangkar Kapal Laut Dulu dan Sekarang
May 18, 2020By Velasco Indonesia

Jangkar merupakan bagian sangat penting dari kapal yang berfungsi sebagai alat penambat kapal ke dasar laut, danau atau sungai. Dengan menambatkan jangkar, kapal dapat mempertahankan posisinya walaupun terkena arus laut, gelombang ataupun angin. Jangkar kapal laut umumnya terbuat dari bahan logam. Pada kapal-kapal berukuran besar, alat ini sering terlihat ditempatkan bergantung di ujung anjungan kapal.

Jangkar Kapal Laut Tradisional

Sebelum dikenal jangkar kapal modern seperti saat ini, jaman dulu jangkar kapal ada yang terbuat dari batu, tumpukan batu yang diletakan dalam keranjang, karung berisi pasir, atau batang kayu bersi timah. Benda-benda tersebut memiliki berat yang cukup untuk menambat kapal agar tidak hanyut dari posisinya.

Dengan bertambah besarnya ukuran kapal, dipakailah bahan-bahan lain agar lebih efektif seperti kayu yang berbentuk kail. Setelah besi mulai dikenal, barulah dipakai sebagai jangkar. Awalnya besi dipakaikan dengan gigi atau benda bergerigi untuk dapat lebih mencengkaram dasar laut atau sungai.

Bentuk jangkar kemudian berkembang dan perlahan-lahan termodifikasi. Awalnya jangkar berbentuk besi Panjang dengan lengan horizontal di kiri dan kanannya. Lengan horizontal berfungsi agar saat diturunkan atau diletakan secara vertikal, lengan kiri kanannya dapat berfungsi seperti kail di dasar laut, yang mengunci pergerakan jangkar agar tidak bergerak ke mana-mana.

Jenis jangkar yang telah lama dipakai selama berabad-berabad dikenal dengan jangkar nelayan Inggris dan stock anchor di Amerika Serikat. Pada abad ke-19, lengan horizontal dimodifikasi menjadi lengan lengkung agar lebih efektif. Jenis jangkar ini masih dipakai untuk tipe-tipe kapal kecil dan ringan.

Jangkar Kapal Laut Modern

Jangkar modern yang saat ini dipakai oleh kapal-kapal besar disebut stockless anchor. Jenis jangkar ini meniadakan tongkat atau stock pada bagian atas jangkar. Fungsinya untuk mempermudah proses handling dan stowing. Jangkar ini terdiri dari beberapa bagian yaitu ring, shank, balancing band, crown, shoulder, fluke dan bill.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor jangkar kapal dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.