0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jangkar Kapal Kecil
08
Apr
Jangkar Kapal Kecil, Lebih Ringan dan Praktis
Apr 08, 2020By Velasco Indonesia

Jangkar merupakan alat yang penting di kapal sebab memiliki fungsi sebagai alat penambat. Dengan menggunakan jangkar, kapal akan tertambat pada posisi tertentu sesuai dengan maksud kapal tersebut. Namun apakah jangkar kapal kecil sama dengan jangkar kapal besar?

Jangkar Kapal Kecil Berbeda dengan Kapal Besar

Tidak semua jangkar dapat dipakai di segala jenis kapal. Setiap kapal membutuhkan jenis jangkar tertentu. Tempat kapal melakukan pelayaran seperti di laut dalam, laut pesisir, laut yang memiliki dasar karang, laut yang memiliki dasar pasir atau lumpur juga menentukan jenis jangkar yang bisa dipakai. Berat dan panjang kapal pun berpengaruh pada jenis jangkar yang hendak dipakai.

Jangkar Kapal Kecil : Jangkar Fluke / Danforth

Jangkar fluke atau Danforth merupakan jenis jangkar yang popular digunakan oleh kapal-kapak kecil. Jenis jangkar ini juga dipakai sebagai jangkar cadangan di kapal-kapal besar.

Jenis jangkar fluke cocok digunakan oleh kapal kecil sebab memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan jenis jangkar lainnya. Jangkar ini juga dirancang agar mudah disimpan (stowing) sebab ruang atau tempat yang ada di kapal kecil cukup terbatas.

Jenis jangkar fluke terdiri dari beberapa bagian yaitu: shank/shaft, crown, stock dan fluke.

Meskipun demikian, tidak semua jenis jangkar fluke dirancang sama. Hal ini disesuaikan dengan jenis dasar laut (seabed). Agar jangkar tersebut sesuai dengan dasar laut, dua hal diatur yaitu sudut antara fluke dengan shank dan juga lebar serta panjang ukuran fluke.

Contohnya, jangkar Danfort dengan sudut shaft yang besar dan ukuran fluke yang lebar lebih optimal atau lebih sesuai dipakai di seabed berlumpur atau berpasir, dibandingkan dengan yang memiliki sudut shaft yang kecil dan ukuran fluke yang panjang.

Sudut shaft yang besar dan ukuran fluke yang lebar, memungkinkan lumpur yang terhisap lebih banyak serta tidak mudah tertarik keluar atau lebih stabil. Jangkar Danforth merupakan jenis jangkar fluke yang cocok untuk seabed berlumpur tersebut. Jangkar ini tidak direkomendasikan untuk dipakai di seabed yang berkarang, berbatu atau kerikil.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor jangkar kapal kecil dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.