Fungsi dan Jenis Thimble pada Wire Rope

Fungsi dan Jenis Thimble pada Wire Rope

Dalam proses rigging umumnya menggunakan wire rope sling yang sudah terbentuk mata untuk membantu memindahkan barang berbobot besar ke suatu tempat. Dalam membuat mata wire rope tidak boleh sembarangan. Sebab jika mata wire rope yang ditekuk begitu saja, makan akan membuat wire rope menjadi cepat aus dan mudah putus. Karena itu, thimble diperlukan untuk membentuk lekukan pada mata rope wire. Fungsi dan Jenis Thimble pada Wire Rope


Thimble atau yang disebut juga cable thimble adalah salah satu alat rigging yang digunakan untuk membentuk dan melindungi mata wire rope dari hentakan dan tarikan saat digunakan mengangkat barang. Selain itu thimble juga digunakan untuk melindungi wire rope agar tidak terjepit dan tidak mudah terkikis sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

Fungsi Thimble 

Thimble memiliki peranan yang penting dalam proses ringing yang menggunakan wire rope. Dalam proses ringingi yang meliputi lifting, towing atau lashing, umumnya menggunakan wire rope yang sudah di bentuk mata yang dibuat dengan cara menekuk ujung wire rope dan diikat atau disatukan dengan klip. 

Setiap benda yang di diikat atau digantung memiliki badan yang berat dan beresiko membuat mata wire rope mudah aus dan hancur. Maka dari itu, untuk melindungi bentuk mata wire rope dibutuhkan thimble. 

Selain itu walaupun wire rope dibuat dari bahan yang kuat namun jika digunakan secara terus-menerus wire rope akan mendapatkan tekanan besar dari benda yang berat. Tekanan ini tentunya akan membuat wire rope menjadi mudah aus dan mudah kusut atau terpelintir sehingga bisa mengurangi kekuatan dan umur wire rope.Namun dengan menggunakan thimble dapat membuat wire rope tidak mudah putus dan memperpanjang masa pakai wire rope. 

Jenis Thimble 

Thimble dibagi dalam beberapa jenis. Setiap jenis thimble dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis thimble dibedakan mulai dari bentuk, fungsi hingga materialnya. 

Berdasarkan fungsinya thimble dibagi menjadi dua : 

  1. Thimble Biasa : digunakan untuk aplikasi ringan seperti aplikasi yang sifatnya statis atau permanen dimana thimble tidak bekerja terlalu banyak. 
  2. Thimble Heavy : digunakan untuk aplikasi yang lebih berat yang sifatnya dinamis. 

Berdasarkan material pembuatannya thimble juga dibagi menjadi dua yakni : 

  1. Thimble Galvanis : Thimble terbuat dari bahan baja yang dilapisi oleh lapisan galvanis yang membuatnya tahan terhadap karat. 
  2. Thimble Stainless Steel 104 & 316 : Thimble ini digunakan untuk aplikasi yang rawan korosi dan rawan karat.

Sedangkan berdasarkan bentuknya,  thimble dibagi menjadi empat: 

  1. Thimble Biasa : dilapisi dengan galvanis dan cocok digunakan untuk aplikasi ringan.
  2. Thimble Heavy Duty : dilapisi dengan finishing galvanis dan stainless steel. Thimble ini cocok untuk aplikasi berat. 
  3. Thimble Solid: Dibuat dari material Cast Ductile Iron yang dikenal memiliki karakteristik  lebih keras, kokoh dan kuat. Thumble ini umumnya digunakan untuk aplikasi pendant pada crane. 
  4. Thimble Solid DIN 3091: Dibuat dari material Mild Steel yang di finishing dengan galvanis sehingga cocok digunakan di aplikasi pendant pada crane. 

jadi Fungsi dan Jenis Thimble pada Wire Rope Jika Anda butuh konsultasi terkait spesifikasi produk dan harga, jangan ragu untuk menghubungi marketing kami melalui Whatsapp atau email. PT Velasco Indonesia Persada menjual thimble wire rope dengan kualitas dan harga terbaik. 

Baca Juga : Jual Wire Rope Thimble Harga Terbaik

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Thimble Heavy Duty  di jakarta dan juga menjual  Clevis Grab Hook, Eye Bolt, Spelter Socket, Swivel Shur Loc Hook, Eye Hook ,Hammerlock, Ratchet Load Binder, Master Link Assembly, Shackle, Turnbuckle, Swivel, Wire Clip, Rachet, Webbing Sling, Lever Block, Chain Block dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau [email protected]

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir