Apa Itu Emergency Escape Breathing Device (EEBD)

Emergency Escape Breathing Device

Emergency Escape Breathing Device (EEBD) adalah alat keselamatan yang jarang ditemukan secara umum. Namun, bukan berarti EEBD tidak penting untuk diketahui dan dibahas. Isi artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu EEBD.

EEBD adalah alat keselamatan yang digunakan ketika terjadi perubahan atmofer udara dari normal ke atmosfer yang berstatus Immediately Dangerous to Life & Health (IDLH) atau status berbahaya. Contohnya seperti dalam kasus pipa pecah yang mengandung gas beracun, asap atau saat terjadi kebakaran.

EEBD merupakan alat safety yang berfungsi untuk membantu penggunanya melarikan diri dari kondisi di atas. Alat ini menyediakan 5 sampai 10 menit udara pernapasan (oksigen atau O2) agar penggunanya bisa keluar dari situasi berbahaya tersebut ke area yang aman.

Emergency Escape Breathing Device (EEBD) mirip dengan alat keselamatan lain yaitu Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA). Kedua alat tersebut punya peruntukan yang berbeda. EEBD dipakai untuk masyarakat umum saat melarikan diri, sedangkan SCBA digunakan oleh petugas pemadam kebakaran atau fire fighter saat melakukan proses pemadaman api.

 

Bagian-bagian EEBD

EEBD merupakan unit yang terdiri dari beberapa bagian yaitu:

1. Compressed Air Cylinder

Compressed Air Cylinder adalah tabung berisi sekitar 600 liter oksigen (O2). Suplai oksigen ini berguna untuk memberi setidaknya 15 menit waktu bernapas. Dengan waktu tersebut, diharapkan pemakainya bisa menemukan tempat yang aman.

2. Pressure Indicator atau Indikator Tekanan

Pressure Indicator adalah berfungsi sebagai indikator atau penunjuk sisa waktu bernafas. Dengan petunjuk ini, diharapkan pengguna dapat merencanakan dan menjalankan proses penyelamatan dirinya dengan efektif. Indikator ini umumnya dilengkapi dengan alarm.

3. Face & Hood

Face & hood terhubung ke bagian wajah pengguna, berfungsi untuk menyalurkan oksigen. Hood menutupi dan melindungi keseluruhan kepala saat melakukan penyelamatan diri.

4. Visor

Visor adalah bagian penutup hood. Visor harus berbahan anti api atau fire-proof, dan mampu membantu pengguna untuk melihat secara mudah dan jelas saat evakuasi, bahkan di saat yang paling sulit dan berbahaya sekalipun.

 

Emergency Escape Breathing Device (EEBD) di Kapal

Emergency Escape Breathing Device adalah salah satu alat keselamatan yang harus ada di kapal. Kewajiban ini diatur dalam SOLAS alias Safety of Life at Sea. SOLAS mewajibkan EEBD di kapal karena situasi darurat seperti kebakaran atau kebocoran gas bisa terjadi di mana saja, termasuk di kapal.

 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat pemadam kebakaran seperti Emergency Escape Breathing Device (EEBD), fire hose, fire blanket, baju pemadam kebakaran, APAR, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

 

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir