Cara Pakai Smoke Signal Alat Keselamatan Kapal

Cara Pakai Smoke Signal

Smoke signal adalah salah satu peralatan keselamatan yang harus ada di setiap kapal. Selain harus ada di kapal, alat ini wajib dilengkapi dengan panduan bagaimana cara pakai smoke signal alat keselamatan kapal. Supaya siapa saja, baik awak kapal atau penumpang biasa, bisa menggunakan alat ini tanpa ada kesulitan.

Perangkat ini tergolong dalam jenis alat pemberi sinyal visual. Selain itu smoke signal juga digolongkan sebagai alat piroteknik. Perangkat piroteknik merupakan alat keselamatan yang memanfaatkan bahan kimia dalam cara kerjanya untuk menghasilkan api atau asap. Smoke signal akan menghasilkan asap. Jadi bahan kimia yang terkandung dalam perangkat ini akan membuat reaksi kimia yang menghasilkan asap.

Setiap perangkat yang berhubungan dengan atau mengandung bahan kimia hendaknya dipakai secara hati-hati. Oleh karena itu cara pakai smoke signal alat keselamatan kapal yang benar harus sesuai standar keamanan dan perlu diketahui. 

 

Cara Pakai Smoke Signal

Perangkat smoke signal memiliki bentuk seperti tabung atau pipa pendek. Tabung ini merupakan tabung kedap air. Salah satu sisinya tertutup rapat sedangkan di sisi lainnya dapat dibuka. Di bagian yang dapat dibuka terdapat sebuah tutupan yang terbuat dari plastik. Manfaat tutupan plastik tersebut yaitu agar kabel atau tali pemicu reaksi kimianya dapat terlindungi.

Cara pakai perangkat ini cukuk sederhana kok.

  • Pertama, tempatkan diri di posisi yang benar di kapal agar nanti sinyal asap yang dihasilkan tidak menyembur ke diri Anda, melainkan ke depan. Caranya adalah dengan memperhatikan arah angin.  
  • Kedua, yang buka tutup plastik yang ada pada sisi smoke signal. Perangkat tersebut dengan sekejap akan mengeluarkan asap.
  • Ketiga, cukup gunakan satu tangan untuk memegang smoke signal. Usahakan gunakan tangan terkuat. Tangan yang lain dapat digunakan untuk melindungi hidung atau untuk berpegangan.
  • Keempat, jangan berlama-berlama memegang smoke signal. Begitu perangkatnya menyala dengan benar, segera lemparkan perangkat tersebut tersebut ke air. Smoke signal akan terapung di air dan mengeluarkan asap warna oranye selama beberapa menit

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir