Cara Menggunakan Man Overboard (MOB) Signal Kapal

Cara Menggunakan Man Overboard (MOB) Signal Kapal

Keselamatan di laut adalah prioritas utama bagi setiap pelaut. Salah satu situasi darurat yang paling kritis adalah ketika seseorang jatuh ke laut, yang dikenal sebagai “Man Overboard” (MOB). Dalam situasi ini, kecepatan dan efisiensi respon sangat penting untuk menyelamatkan nyawa. Man Overboard (MOB) signal adalah alat penting yang dirancang untuk memberikan sinyal darurat berupa asap dan cahaya, sehingga lokasi orang yang jatuh dapat dengan cepat diidentifikasi dan dijangkau. PT. Velasco Indonesia Persada menyediakan MOB berkualitas yang dapat diandalkan dalam situasi darurat ini. Artikel ini akan membahas Cara Menggunakan Man Overboard (MOB) Signal Kapal.

Man Overboard (MOB) signal adalah alat keselamatan penting yang membantu memastikan keselamatan orang yang jatuh ke laut dengan memberikan sinyal asap dan cahaya. MOB signal merupakan salah satu jenis alat piroteknik. Alat ini mengandalkan reaksi kimia untuk memberikan sinyal visual. Alat ini berbentuk seperti gada berukuran kecil dan berwarna cerah. MOB umumnya diikatkan di lifebuoy atau ban pelampung dengan tali sepanjang lima meter. 

Baca Juga : Distributor Alat Piroteknik Kapal Berkualitas

Spesifikasi MOB Signal menurut SOLAS

Seperti alat keselamatan kapal lainnya, MOB harus diproduksi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh SOLAS. Berikut adalah spesifikasi MOB menurut SOLAS:

  • MOB harus diletakkan di setiap bridge wing atau area terbuka di kapal.
  • MOB juga harus diposisikan menghadap laut agar mudah dijangkau.
  • MOB memiliki berat 4 kg dan harus dipasang atau digunakan bersamaan dengan pelampung atau life buoy.
  • Ketika dilemparkan ke arah korban, MOB harus mampu menghasilkan asap oranye selama 15 menit. Selain itu, lampu MOB juga harus menyala selama dua jam tanpa henti untuk memberikan sinyal kepada tim penyelamat.

Cara Penggunaan dan Perawatan Man Overboard (MOB)

Mengoperasikan Man Overboard (MOB) sangatlah sederhana. Cara Menggunakan Man Overboard (MOB) Signal Kapal Ketika seseorang jatuh ke laut, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memanggil kru kapal. Selanjutnya, lemparkan lifebuoy bersama dengan MOB ke arah korban yang jatuh. Begitu menyentuh air laut, MOB akan langsung aktif, ditandai dengan keluarnya asap  dan lampu MOB yang menyala. Asap dari MOB dapat bertahan selama 15 menit, sementara lampu MOB akan berkedip selama dua jam. Selain mengetahui cara penggunaan yang benar, MOB juga harus dijaga kondisinya. Oleh karena itu, MOB perlu diperiksa secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik saat dibutuhkan dalam situasi darurat.

Jual MOB Berkualitas 

PT. Velasco Indonesia Persada adalah perusahaan terpercaya yang menyediakan berbagai peralatan keselamatan maritim, termasuk Man Overboard (MOB) signal berkualitas tinggi. Produk MOB dari PT. Velasco Indonesia Persada dirancang untuk memenuhi standar keselamatan internasional, memastikan fungsionalitas yang andal dalam situasi darurat. Untuk informasi penawaran MOB, Anda dapat langsung mengunjungi website kami di www.velascoindonesia.com atau menghubungi tim kami di email, telepon ataupun whatsapp. 

Baca Juga : Jual MOB (Man Over Board) Alat Keselamatan Kapal

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier  MOB – Man Over Board di jakarta dan juga menjual Line Throwing Apparatus,  dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Rocket Parachute, Red Hand Flare, Smoke Signal Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau [email protected]

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir