0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Membuat Jaring Ikan
20
Apr
Cara Membuat Jaring Ikan dengan Tali Tambang
Apr 20, 2020By Velasco Indonesia

Menangkap ikan dengan menggunakan jala atau jaring ikan masih banyak dilakukan baik oleh nelayan, maupun oleh masyarakat yang hobi menangkap ikan untuk kesenangan pribadi. Ada banyak jenis jaring ikan dengan bahan yang berbeda-beda, seperti senar dan tali tambang. Berikut ini akan dijelaskan gambaran umum tentang cara membuat jaring ikan dengan tali tambang.

Cara Membuat Jaring Ikan : Alat yang Dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaring ikan yaitu jarum khusus atau dikenal dengan jarum suban. Alat ini dapat dibeli di pasar atau di toko yang khusus menjual peralatan memancing atau bisa juga dapat dibuat sendiri dari bambu. Suban bentuknya seperti jarum dengan ukuran yang lebih besar dan ada lubang di tengahnya untuk tempat melilitkan benang atau tali tambang pembuat jala.

Alat kedua yang dibutuhkan yaitu suri. Suri adalah sebuah alat cetak yang terbuat dari bambu seperti sebuah penggaris pendek,  fungsinya sebagai penentu ukuran lubang jala, supaya ukuran lubang jala seragam.

Ketiga adalah bahannya, dalam hal ini kita menggunakan tambang seperti yang dilakukan para nelayan tradisional. Tali tambang seperti tali nilon banyak dipilih karena harganya terjangkau, kuat dan juga awet.

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuat jala yaitu, berapa ukuran target ikan yang hendak ditangkap. Ukuran target mempengaruhi lebar lubang jala. Jangan lupa, ikan di sungai memiliki karakteristik ukuran yang berbeda dengan ikan di laut.

Cara Membuat Jaring Ikan : Langkah-Langkahnya

Prinsip dasar membuat jaring ikan adalah membuat pusar jalanya (buhur) terlebih dulu. Pusar jala ini merupakan lingkaran pertama. Setelah itu dianyam keliling dengan melakukan penambahan mata jala (turang), fungsinya supaya jala semakin lebar dan mengembang secara proporsional.

Membuat jaring juga punya banyak metode, berikut ini kami tunjukkan salah satunya. Ada semacam rumus yang perlu diperhatikan supaya jaring dapat mengembang sempurna. Berikut ini rumusnya, dengan contoh pusar jala sebanyak 27 buruh dan ukuran suri 6 cm.

  1. Buat pusar jala sebanyak 27 dengan suri ukuran 6 cm.
  2. Anyam sebanyak 3 keliling, lalu kecilkan suri 0.5 cm dan buat turang pertama.
  3. Anyam sebanyak 5 keliling, lalu kecilkan suri 0.5 cm dan turang kembali.
  4. Anyam sebanyak 7 keliling, lalu kecilkan suri 0.5 cm dan turang kembali.
  5. Anyam sebanyak 9 keliling, lalu kecilkan suri 0.5 cm dan turang kembali.
  6. Anyam sebanyak 11 keliling, lalu kecilkan suri 0.5 cm dan turang kembali.
  7. Anyam sebanyak 13 keliling, lalu kecilkan suri 0.5 cm dan turang kembali.

Jika sudah selesai menganyam hingga turang ke-7 maka jala sudah hampir jadi. Selanjutnya anyam lagi beberapa keliling di bawah turang terakhir sekitar 50 keliling tanpa menurang kembali. Jika sudah, maka tambahkan pemberat seperti ring-ring besi pada ujung-ujung jala.

Cara Membuat Jaring Ikan : Video Tutorial

Supaya lebih jelas, Anda bisa melihat video berikut ini untuk tutorial membuat jala ikan.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual tali tambang untuk jaring ikan dengan kualitas terbaik. Tali tambang yang tersedia antara lain: tali nilon , tali manila,  tali PE dan tali PP, tentunya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.