Cara Cegah Kapal Tenggelam, Wajib Tahu!

Cara Cegah Kapal Tenggelam

Kali ini kami akan membahas satu hal yang sangat esensial dalam pelayaran kapal karena berkaitan dengan keselamatan awak, penumpang dan kapal itu sesndiri, yaitu cara cegah kapal tenggelam.Cara Cegah Kapal Tenggelam Wajib Tahu Apa saja ya yang bisa membuat kapal sampai tenggelam?

Kapal dapat tenggelam akibat tiga faktor utama yaitu human error (kesalahan manusia), natural disaster (bencana alam), dan machine failure (kerusakan mesin). Oleh karena itu cara cegah kapal tenggelam dapat dibagi dalam tiga garis besar yaitu:

  • Awak kapal; mulai dari nahkoda hingga anak buah kapal (ABK) yang terlatih
  • Pemeliharaan kapal yang baik dan benar yang sesuai standar keselamatan
  • Ketersediaan alat keselamatan di kapal

Ketiga hal ini merupakan prioritas utama yang saling menunjang demi pelayaran kapal yang aman dan nyaman.

Cegah Kapal Tenggelam: Tingkatkan Skill Awak Kapal

Cara cegah kapal tenggelam akibat human error (kesalahan manusia) dapat dilakukan dengan standarisasi keahlian para pengawak kapal. Sudah banyak lembaga pelayaran yang mengeluarkan standarisasi pelayaran bagi para pengawak kapal.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekolah pelayaran mulai dari setingkat sekolah menengah seperti sekolah menengah kejuruan pelayaran hingga akademi pelayaran. Selain itu beberapa sertifikat pelaut yang dapat diambil diantaranya yaitu BST (Basic Safety Training), ANT (Ahli Nautika Tingkat) untuk sertifikat kelas atas atau profesional yang dimiliki oleh pelaut yang mengendarai kapal, ATT (Ahli Teknik Tingkat) yaitu sertifikat pada ketrampilan mesin, dan sebagainya.

Cegah Kapal Tenggelam: Pemeliharan dan Perawatan Alat

Cara cegah kapal tenggelam akibat machine failure (kerusakan mesin) dapat dilakukan dengan cara pemeliharaan mesin yang benar. Dalam memelihara kapal, secara umum dibagi dalam tiga jenis pemeliharaan yaitu:

  • Preventive maintenance atau Pemeliharaan Terjadwal

Jenis pemeliharaan ini juga dikenal sebagai Planned Maintenance System. Fungsi pemeliharaan ini yaitu untuk mencegah terjadinya kemungkinan kerusakan kapal yang mungkin terjadi. Umumnya tim pemeilharaan akan melakukan pemeliharaan setiap kapal menghabiskan beberapa durasi waktu operasional seperti 4000 jam, 8000 jam atau lebih. 

  • Corrective maintenance

Jenis pemeliharaan ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi secara tiba-tipa pada kapal yang mengganggu fungsi-fungsi pelayaran kapal. Pemeliharaan ini akan memakan ongkos yang mahal jika kerusakan di satu mesin berdampak pada mesin lain di kapal.

  • Condition maintenance

Pemeliharaan ini bertujuan untuk memberbaiki sesegera mungkin bagian dari kapal yang terdeteksi akan mengalami kerusakan. Hal ini agar fungsi kapal tidak terganggu dan kerusakan dapat dihindari serta dampak kerusakan terhadap bagian kapal yang lain pun akan terhindar.

Cegah Kapal Tenggalam : Ketersediaan Alat Keselamatan

Cara Cegah Kapal Tenggelam Wajib Tahu dengan menyediakan alat keselamatan kapal sebetulnya lebih tepat bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan para awak dan penumpang tetap selamat meskipun terjadi musibah dalam pelayaran. Namun demikian beberapa alat keselamatan dapat digunakan juga untuk mencegah kapal kapal tenggelam seperti alat pemadam api ringan (APAR) yang digunakan untuk mencegah kebakaran.

Semoga kita semua dijauhkan dari kecelakaan kapal ya. Selalu sedia alat safety kapal agar dampak buruk kecelakaan kapal dabat diminimalisir.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir