0
  CONTACT US by WHATSAPP
Budidaya Kerang Hijau
26
Mar
Budidaya Kerang Hijau dengan Tali Tambang
Mar 26, 2020By Velasco Indonesia

Kerang hijau (green mussels atau Perna viridis) adalah salah satu jenis kerang yang populer di pasaran. Manfaatnya banyak, tidak hanya sebatas untuk santapan manusia semata. Kerang hijau juga merupakan salah satu bahan baku untuk makanan ternak dan hewan laut lainnya seperti ikan dan lobster. Untuk itulah budidaya kerang hijau berkembang luas.

Potensi Budidaya Kerang Hijau

Indonesia sebagai negara dengan perairan yang luas memiliki potensi yang luar biasa besar untuk pengembangan kerang hijau. Cara pengembakbiakan kerang hijau pun cukup mudah karena kerang yang satu ini dapat bertahan hidup pada tekanan lingkungan yang tinggi, serta tidak perlu diberi pakan apapun. Alat yang digunakan pun cukup mudah, misalnya bambu dan tali tambang.

Jenis Usaha Budidaya Kerang Hijau

Berdasarkan usaha pengembangbiakkan kerang hijau, terdapat 3 jenis kegiatan yang dilakukan. Pertama adalah usaha mengumpulkan benih kerang hijau dari alam, ini dapat dilakukan melalui medium bambu dan tali tambang. Kedua adalah usaha pembesaran benih kerang hijau, juga bisa dibesarkan di bambu dan tali tambang. Terakhir adalah usaha lengkap, yaitu usaha yang melakukan kedua aktivitas di atas, mulai dari mengumpulkan benih hingga membesarkannya untuk kemudian dijual ke pasar.

Tali Tambang Sebagai Kolektor untuk Budidaya Kerang Hijau

Aktivitas mengumpulkan benih atau spat kerang hijau dilakukan pada saat musim puncak pemijahan di alam (biasanya dari bulan April-Juli). Caranya adalah dengan menyediakan kolektor, yaitu sarana atau tempat kerang hijau menempel. Beberapa contoh kolektor adalah bambu, tali tambang, kayu, asbes.

Tali tambang merupakan salah satu kolektor benih kerang hijau yang populer digunakan. Karena mudah didapat, mudah dipasang (dibanding kayu dan asbes), serta harganya cukup terjangkau. Sementara bambu juga umumnya digunakan sebagai kerangka atau sebagai tempat tali tambang diikat.

Untuk dapat membudidayakan kerang hijau secara maksimal, tentu diperlukan tali tambang yang berkualitas. Sebab tali tambang yang rapuh akan mudah terbawa arus air laut yang terkadang kencang. Karena itu gunakanlah tali tambang yang bermutu.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis tali tambang berkualitas, seperti tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.