0
  CONTACT US by WHATSAPP
Anchor Chain
10
Dec
Anchor Chain Kapal Bersertifikat Asli
Dec 10, 2020By Velasco Indonesia

Anchor chain atau rantai jangkar kapal adalah salah satu aksesoris jangkar yang sangat penting. Fungsi utamanya adalah sebagai penghubung antara jangkar dengan mesin penarik jangkar yang menempel pada badan kapal. Ada banyak jenis rantai jangkar yang beredar di pasaran, namun rantai jangkar yang berkualitas ditandai dengan adanya sertifikat sebagai tanda keasliannya.

Jenis Anchor Chain

Rantai jangkar pada kapal besar dengan kapal kecil tentu berbeda. Bahkan antara kapal besar yang satu dengan yang lain, juga bisa berbeda. Berikut ini beberapa contoh jenis rantai jangkar yang banyak dipakai.

  • Stud link anchor chain: memiliki bentuk yang berbeda dari rantai pada umumnya. Rantai jangkar yang satu ini berbentuk seperti angka delapan, dengan stud link atau penghubung pada bagian tengah mata rantainya. Bukan tanpa alasan, stud link ini berfungsi untuk menambah kekuatan rantai jangkar, sekaligus mencegah rantai jangkar terpelintir. Ada 2 grade yang umum dipakai yaitu U2 dan U3, perbedaan ada pada kepadatan materialnya, dan tentu berpengaruh pada harga.
  • Proof coil: terbuat dari low carbon steel, dilengkapi dengan galvanisasi supaya mencegah korosi. Memiliki grade 30, paling rendah dibanding rantai jangkar lainnya, karena itu cocok dipakai pada kapal kecil.
  • BBB: materialnya juga dibuat dari low carbon steel tapi mata rantainya lebih pendek dibanding jenis proof coil. Kekuatan rantai jangkar BBB juga lebih tinggi dibanding proof coil.
  • High test (HT): terbuat dari carbon steel dengan grade tinggi, karena itu kekuatannya juga lebih tinggi dibanding proof coil dan BBB.

Rangkaian Anchor Chain pada Jangkar Kapal

Rantai jangkar tidak serta merta langsung tersambung pada jangkar kapal begitu saja. Ada beberapa aksesoris jangkar lainnya yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian jangkar yang utuh.

  • Kenter jangkar: bentuknya seperti mata rantai stud link, namun alat ini dapat dibongkar pasang. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara rantai jangkar yang satu dengan rantai jangkar lainnya. Tujuannya supaya bisa memenuhi kebutuhan panjang jangkar kapal yang dibutuhkan.
  • Swivel piece (kili-kili): menghubungkan antara rantai dengan jangkar, tujuannya untuk mencegah twist pada jangkar kapal.
  • Shackle jangkar atau joining shackle: biasanya berupa shackle dee atau shackle omega. Fungsinya adalah sebagai penghubung serbaguna karena bisa digunakan menghubungkan dua alat berbagai jenis. Misalnya menghubungkan antara rantai jangkar dengan swivel piece, atau swivel piece dengan jangkar, atau bisa juga dipakai untuk menghubungkan dua rantai jangkar.

Rangkaian anchor chain dapat dilihat pada ilustrasi berikut ini:

Aksesoris Rantai Jangkar

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com