Proses Produksi Wire Rope atau Kawat Sling

Proses Produksi Wire Rope atau Kawat Sling

Wire rope atau yang disebut juga dengan kawat sling merupakan alat yang sering dimanfaatkan dalam berbagai industri. Wire rope umumnya digunakan sebagai alat untuk mengangkat, mengikat sebuah benda berbobot besar ke tempat lainnya yuks kita bahas sedikit Proses Produksi Wire Rope atau Kawat Sling.

Bahan dasar pembuatan wire rope adalah baja. Secara umum, wire rope terbuat dari sejumlah kawat baja berkualitas yang diuntai menjadi satu. Namun sebenarnya untuk menghasilkan wire rope yang kuat dibutuhkan proses produksi yang cukup kompleks yang didalamnya terdiri dari beberapa proses.

Berikut adalah Proses Produksi Wire Rope atau Kawat Sling : 

1. Proses Descaling 

Proses pertama adalah proses menyiapkan bahan pembuatan wire rope yang terbuat dari kawat baja yang masih berbentuk batang atau gulungan. Jika material utamanya sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses descaling, dimana kawat baja akan dicuci dan dibersihkan dengan bahan kimia supaya bersih dari kotoran dan karat.

2. Proses Drawing 

Proses kedua adalah proses drawing atau pemadatan. Dalam proses ini kawat baja akan dipadatkan dengan cara ditarik melewati mesin cetakan drawing> Ketika kawat masuk ke dalam mesin, maka ukuran kawat akan mengecil dan menjadi lebih padat. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kawat baja dengan ukuran kecil dan lentur namun tidak mengurangi kekuatanya. 

3. Proses Patenting 

Saat proses drawing kawat mengalami banyak tekanan. Untuk menghilangkan tekanan tersebut maka dilakukan proses patenting. Dimana dalam proses ini kawat akan dipanaskan untuk mengembalikan kondisi kawat kondisi semula setelah mengalami tekanan ketika proses drawing. Hal ini bertujuan supaya kawat baja lebih stabil dan tidak mengurangi kekuatanya. 

4. Proses Second Drawing 

Setelah melalui proses pateting, kawat akan dilanjutkan dengan proses drawing kembali atau drawing kedua. Hal ini bertujuan agar mendapatkan ukuran yang diinginkan sekaligus untuk mendapatkan kepadatan yang maksimal. 

5. Proses Finishing atau Pelapisan

Setelah mendapatkan ukuran dan kepadatan yang diinginkan, maka langkah proses selanjutnya adalah proses finishing atau pelapisan. Jenis lapisan yang digunakan tergantung pada jenis wire rope yang ingin diproduksi. Ada dua jenis lapisan yang digunakan yakni galvanis dan stainless. Jadi jika akan dibuat adalah wire rope jenis galvanis maka kawat akan di finishing dengan pelapis galvanis begitupun dengan lapisan stainless steel. Proses finishing ini dilakukan agar wire rope tahan terhadap karat.  

6. Proses Stranding 

Selanjutnya adalah proses stranding. Dalam proses ini beberapa kawat akan digabungkan dengan cara dipilin menjadi satu strand. Untuk jumlah kawat yang akan dipilih menjadi satu strand tergantung dari konstruksi wire rope yang ingin diproduksi. Jadi dalam satu stand memiliki jumlah kawat yang digabungkan berbeda mulai dari 7 hingga 32 kawat.  Bersamaan dengan proses stranding juga dilakukan proses pemanasan dengan menggunakan gemuk atau grease supaya kualitas kawat yang sudah disatukan menjadi strand tetap terjaga dan terhindar dari karat. 

7. Proses Closing

Proses terakhir adalah closing. Dalam proses beberapa strand akan digabungkan menjadi satu kesatuan. Sama seperti proses sebelumnya untuk jumlah strad yang akan digabungkan berbeda-beda sesuai dengan konstruksi wire rope yang ingin dibuat. Umumnya mulai dari 6 hingga 19 strand dalam satu wire rope. 

Setelah melewati ketujuh proses tersebut barulah tercipta wire rope dengan ukuran dan finishing yang sesuai dengan produksi yang diharapkan serta siap untuk digunakan. Jika Anda membutuhkan wire rope berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi marketing kami. PT Velasco Indonesia Persada menjual wire rope berkualitas dengan berbagai ukuran. 

Baca Juga : Jual Wire Rope Tali Kawat Berkualitas Harga Terbaik

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier wire rope di jakarta dan juga menjual  Rantai Stainless Steel, Rantai Galvanis, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke  [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau [email protected]

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir