0
  CONTACT US by WHATSAPP
Wire Rope Thimble
11
Jun
Wire Rope Thimble Berkualitas
Jun 11, 2018By Velasco

Wire rope thimble merupakan salah satu komponen untuk membuat mata wire rope sling. Wire rope sling itu sendiri digunakan untuk aplikasi lifting (mengangkat barang), towing (menarik barang), lashing (mengikat barang), mooring (menambat kapal), dll. Persisnya, peran wire rope thimble adalah untuk menjaga bentuk dari mata wire rope dari tarikan agar tidak mudah rusak.

Wire rope thimble memiliki bentuk seperti gambar tetesan air. Bentuk ini sesuai dengan bentuk mata wire rope sling. Ketika membuat mata wire rope sling, yaitu dengan menekuk wire rope, thimble diletakkan pada bagian tekukan tersebut. Dengan demikian, bentuk mata wire rope sling akan tetap terjaga walau ditarik sekuat apapun.

Pada saat memasang thimble pada mata wire rope sling, perlu diperhatikan ukuran dari thimble tersebut. Ukuran thimble menyesuaikan dengan ukuran wire rope yang digunakan. Jadi, pastikan Anda membeli wire rope thimble dengan ukuran yang sesuai. Pemasangan thimble dengan ukuran yang tidak cocok akan membuat thimble tidak dapat berfungsi dengan maksimal, malah akan mengganggu proses rigging dan mempercepat kerusakan wire rope.

Selain dari segi ukuran yang berbeda-bera, wire rope thimble juga memiliki beberapa jenis. Berdasarkan bahannya, terdapat 2 jenis thimble yaitu thimble galvanis dan thimble stainless steel.

Thimble galvanis, adalah jenis thimble yang telah melewati proses galvanisasi. Proses ini membuat thimble jadi lebih tahan karat.

Thimble stainless steel, yaitu jenis thimble yang terbuat dari stainless steel tipe 104 dan 316. Thimble jenis ini cocok digunakan di tempat yang rawan karat dan korosi.

Berdasarkan ketahanan beratnya, terdapat dua jenis utama thimble yaitu thimble biasa dan thimble heavy. Thimble biasa digunakan untuk aplikasi rigging yang ringan. Sementara thimble heavy digunakan untuk aplikasi rigging yang  berat.

Terdapat dua cara pembuatan thimble, pertama adalah dengan memanaskan material dasar thimble, misalnya baja yang digalvanisasi. Setelah dipanaskan, baja tersebut ditekuk hingga membentuk thimble. Cara kedua adalah dengan menggunakan cetakan. Setelah material dasar thimble dipanaskan hingga meleleh, kemudian dituang ke dalam cetakan hingga membentuk thimble.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual wire rope thimble berkualitas dengan harga distributor. Kami juga jual wire clip, chemical product, dan lain sebagainya dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.