0
  CONTACT US by WHATSAPP
22
Sep
Tips Mengencangkan Rantai dengan Load Binder
Sep 22, 2017By Velasco

Berikut ini akan dijelaskan mengenai teknik-teknik dalam mengencangkan rantai dengan load binder. Terdapat dua jenis load binder, yaitu lever load binder dan ratchet load binder, keduanya akan dijelaskan dalam artikel ini.

Mengencangkan Rantai dengan Load Binder

Cara efektif mengencangkan rantai dengan load binder tipe lever:
1. Kaitkan lever load binder ke rantai sehingga Anda dapat mengoperasikannya sambil berdiri. Pastikan pijakan Anda kuat, tidak ada cairan seperti es, minyak atau benda lain yang dapat membuat Anda terpeleset atau tersandung.
2. Posisikan lever load binder sehingga Anda dapat mendorong tuasnya ke bawah untuk mengencangkan rantai.
3. Jangan pernah menggunakan handle extender atau cheater pipe. Apabila rantai sulit dikencangkan dengan lever load binder, sebaiknya gunakan ratchet load binder.
4. Selama dan setelah proses mengencangkan rantai dengan lever load binder, perhatikan posisi tuas, pastikan berada dalam kondisi benar-benar terkunci dan bagian ujung tuas menyentuh rantai.
5. Tekanan rantai dapat berubah-ubah sepanjang perjalanan, untuk memastikan lever load binder tetap terkunci, lilitkan sisa rantai ke badan lever load binder.
6. Saat melepaskan lever load binder, harus diingat bahwa akan ada lonjakan kekuatan yang membuat tuas lever load binder terbuka dengan cepat dan kuat. Tingkatkan kewaspadaan saat melakukan proses ini.
7. Sekali lagi, jangan pernah menggunakan handle extender atau cheater pipe saat membuka lever load binder.

Sementara untuk ratchet load binder cara penggunaannya tidak terlalu rumit dan tidak terlalu memakan banyak energi ketimbang lever load binder. Ratchet load binder juga dikenal lebih aman digunakan untuk mengencangkan rantai karena resiko cederanya lebih kecil. Posisikan load binder di bagian bawah agar Anda dapat lebih mudah mengencangkan rantai. Pastikan juga pijakan Anda kuat sebelum menggunakan ratchet load binder.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik untuk lever maupun ratchet load binder:
1. Sebelum menggunakan, perhatikan kondisi load binder, pastikan tidak ada lecet, patah, atau kerusakan lain yang berarti. Apabila terdapat kerusakan cukup besar, jangan gunakan ratchet load binder tersebut.
2. Berikan pelumas secara rutin ke bagian-bagian tertentu agar load binder dapat lebih awet digunakan.
3. Selalu gunakan sarung tangan saat menggunakan load binder untuk memantapkan pegangan dan melindung tangan Anda.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA menyediakan load binder yang merupakan salah satu perlengkapan dalam cargo handling yang berfungsi untuk mengencangkan rantai atau wire rope pada aplikasi mengikat (lashing). Umumnya barang yang diikat adalah cargo atau barang yang akan dipindahkan dari pabrik ke distributor atau pabrik ke customer. Load Binder selain untuk barang juga banyak digunakan untuk kendaraan seperti mobil, motor maupun alat berat.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor turnbuckle, load binder dan peralatan teknik dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya.