0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tips Memilih Wire Rope
03
Aug
Tips Memilih Wire Rope Berkualitas
Aug 03, 2019By Velasco Indonesia

Wire rope atau kawat seling dibutuhkan oleh banyak industri. Harga wire rope pun kawat seling sangat bervariasi, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal.Nah, supaya anda tidak salah pilih, Velasco memberikan tips memilih wire rope berkualitas, simak ya.

TIPS MEMILIH WIRE ROPE :

  • Jika anda membeli wire rope kawat seling berkualitas dari Korea, Jepang, atau Eropa pastikan wire rope kawat seling datang dengan ID tape untuk memastikan wire rope kawat seling yang anda terima benar benar asli.
  • Jika anda membeli wire rope kawat seling RRT pastikan:
    • Panjang wire rope kawat seling yang anda terima tidak kurang. Cara mudah mengecek panjang wire rope adalah dengan cara menimbang wire rope yang anda terima.
    • Diameter wire rope full, tidak kurang / banci.
    • Putaran wire rope tidak renggang. Wire rope yang renggang saat dipotong ujungnya mudah buyar dan saat dipakai cepat rusak.

 

1.KONSTRUKSI

Wire Rope adalah tali baja yang terbuat dari beberapa WIRE yang dipilin membentuk STRAND, lalu beberapa STRAND tersebut dipilin mengelilingi CORE untuk membentuk wire rope.


Konstruksi menyatakan banyaknya wire dan strand dalam suatu wire rope.
Format konstruksi wire rope : Banyaknya Strand x Banyaknya Wire.

Contoh: Wire Rope 6 x 37 terdiri dari 6 strand yang mengelilingi 1 core dimana masing masing strand terdiri dari 37 wire.

Semakin banyak jumlah wire didalam strand membuat ukuran individual wire lebih kecil sehingga wire rope lebih flexible, sebaliknya semakin sedikit jumlah wire di dalam strand membuat ukuran wire menjadi lebih besar sehingga wire rope menjadi lebih kaku.

Wire Rope yang flexible mempunyai daya tahan terhadap tekukan yang baik sehingga cocok digunakan pada crane. Wire rope dengan ukuran individual wire yang besar mempunyai ketahanan terhadap gesekan yang baik sehingga sesuai digunakan untuk menari.

2.CORE/HATI

Core wire rope kawat seling umumnya terdiri dari 3 bahan:
Fiber Core (FC) – tali plastic.
Hemp Core (HC) – tali manila.
Wire Core (IWRC) – kawat baja.

Keuntungan FIBER (FC) atau HENEP CORE (HC) adalah wire rope lebih flexible dan lebih tahan karat. Keuntungan WIRE CORE (IWRC) adalah breaking load yang lebih tinggi.

3.UKURAN  WIRE ROPE KAWAT SELING

Ukuran diameter wire rope dinyatakan dalam mm atau inch dan dapat diukur menggunakan sigmat. Ilustrasi berikut menunjukkan cara mengukur wire rope yang salah dan benar:

Faktor yang mempengaruhi ukuran wire rope kawat seling adalah besarnya sheave yang dilalui wire rope dan beban yang akan digerakkan oleh wire rope.

Nah demikian tips memilih wire rope dari kami. Bila anda membutuhkan kawat seling/wire rope berkualitas, Velasco Indonesia solusinya. Kami juga menjual berbagai peralatan kapal dan industri. Untuk mengetahui produk-produk lain kami, dapat mengunjungi website kami www.velascoindonesia.com

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui email cso@velascoindonesia.com