0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tips Memilih Aki
05
Mar
Tips Memilih Aki yang Tepat Berkualitas
Mar 05, 2018By Velasco

Aki merupakan salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan bermotor sebab aki menyediakan daya listrik bagi kendaraan. Kendaraan yang menggunakan aki yang tidak tepat hanya akan membawa masalah bagi pengendaranya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan tentang tips memilih aki yang tepat. Berikut beberapa tips memilih aki yang tepat.

Tips Memilih Aki

Perhatikan standar pabrikan
Setiap kendaraan bermotor memliki standar pabrikan. Standar pabrikan berkaitan dengan ukuran aki yang diproduksi secara keseluruhan oleh pembuat kendaraan dan manufaktur aki. Contohnya pada mobil. Standar pabrikan aki untuk mobil umumnya adalah 22F, 24, 24F, 25 dan lainnya. Dengan mengetahui standar pabrikan, Anda dapat mengidentifikasi dimensi eksternal aki dan kemudian menentukan tempat pemasangan aki sesuai kebutuhan. Standar pabrikan mengandung informasi tentang sisi post untuk kabel aki: di sisi atas atau sisi samping. Standar pabrikan terdapat di buku manual atau buku service kendaraan Anda.

Perhatikan Cranking Amps
Cranking Amps (CA) merupakan standar ukuran daya awal sebuah aki. Pilihlah aki yang sesuai dengan persyaratan kendaraan Anda. Jika ragu, Anda dapat berkonsultasi dengan mekanik service dan maintenance kendaraan Anda.

Perhatikan Cold Cranking Amps
Cold cranking amps (CCA) merupakan standar ukuran CA pada suhu 32º F atau 0º C. Iklim tempat aki bekerja berpengaruh pada kinerja aki. Di tempat yang beriklim dingin, pada suhu di bawah titik beku, banyak aki hanya bisa menghasilkan sekitar 50-60 persen daya listrik untuk menghidupkan mesin. Sebab proses kimia di sel aki menjadi lambat lambat dan terganggu. Oleh karena itu, jika Anda tinggal di daerah beriklim dingin, pilihlah aki yang dapat bekerja dengan baik saat suhu di sekitarnya menurun.

Pilihlah aki berstandar maintenance-free
Saat ini sudah banyak dijual aki otomatis berstandar bebas perawatan. Pilihlah aki tipe ini dibandingkan dengan aki-aki keluaran lama tanpa standar bebas perawatan.

Tips memilih aki yang terakhir dan tidak kalah penting adalah, pastikan Anda membeli aki berkualitas dari distributor yang terpercaya dengan pelayanan terbaik.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami merupakan distributor aki berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga menjual chemical product, fire-fighting equipment, industrial power product dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.