0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kawat Seling Kuat
22
Apr
Tips Kawat Seling Kuat Tahan Lama
Apr 22, 2019By Velasco

Kawat seling, atau sering disebut dengan wire rope adalah salah satu komponen utama dalam industri alat berat. Peran kawat seling adalah sebagai alat rigging, yaitu alat untuk memindahkan barang berat dari satu titik ke titik lain. Kawat seling kuat dan tahan lama menjadi kunci untuk memaksimalkan fungsinya. Bagaimana cara merawat kawat seling? Yuk simak ulasan berikut ini.

Sebelum mengulas tips kawat seling kuat dan tahan lama, mari pahami dulu tentang apa itu kawat seling. Alat ini memiliki bentuk seperti sebuah tali yang terbuat dari baja. Bukan sekedar tali, kawat seling terdiri dari susunan kawat baja yang telah dipilin membentuk strand, kemudian strand tersebut dipilin lagi mengelilingi sebuah core hingga menjadi sebuah tali baja yang kuat dan tebal. Terdapat beragam  konstruksi kawat seling yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Berikut ini beberapa tips kawat seling kuat dan tahan lama:

  1. Ketahui kebutuhan kawat seling, jangan salah beli.

Pahami dulu kebutuhan industri Anda akan kawat seling. Sebab ada beberapa jenis wire rope, masing-masing memiliki working load limit (WLL) yang berbeda. Jangan membeli kawat seling yang terlalu kecil atau terlalu besar. Perhatikan juga lokasi penggunaan kawat seling. Apabila digunakan di laut lepas, maka dibutuhkankawat seling yang tahan karat.

  1. Belilah dari distributor yang terpercaya.

Pastikan Anda membeli kawat seling dari distributor yang terpercaya, serperti PT Velasco Indonesia Persada. Kawat seling yang asli akan menjamin kualitas, kekuatan serta ketahanan.

  1. Pastikan menggunakan kawat seling sesuai WLL.

Sebelum menggunakan kawat seling, cek dahulu beban yang akan diangkut. Sesuaikan beban dangan kemampuan WLL dari kawat seling. Apabila memang hendak mengangkat beban yang lebih berat dari biasanya, maka kawat seling harus diganti sesuai dengan WLL yang dibutuhkan.

  1. Lakukan pengecekan rutin.

Sepele namun penting, susunlah prosedur pengecekan sebelum menggunakan kawat seling. Periksa seluruh bagian kawat seling. Kawat seling yang sudah tidak layak pakai memiliki beberapa ciri fisik, misalnya akan terlihat ada bagian wire rope yang terkikis.

  1. Berikan pelumas secukupnya.

Salah satu cara agar kawat seling kuat dan tahan lama adalah dengan memberikan pelumas khusus kawat seling. Pelumas ini berfungsi untuk dapat melindungi kawat seling dari beberapa kondisi, salah satunya adalah dari cuaca ekstrim.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor kawat seling berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.