0
  CONTACT US by WHATSAPP
23
Aug
Tips Berlayar Bagi Pelaut Pemula
Aug 23, 2016By Velasco Indonesia

Artikel mengenai tips berlayar ini diperuntukkan bagi para pembaca yang baru dalam dunia pelayaran, atau mungkin akan berlayar untuk pertama kalinya, meliputi beberapa topik yang penting diketahui. Diharapkan dengan artikel mengenai tips berlayar ini pembaca dapat mendapat gambaran umum dan apa saja yang akan dihadapi saat berlayar.

tips berlayar bagi pemula

  1. Cuaca dan Pelayaran

Cuaca dan pelayaran memiliki hubungan yang kuat. Arah laju kapal dan tingkat keselamatan Anda di kapal sangat tergantung pada cuaca. Informasi yang dipandang penting dalam dunia pelayaran antara lain keadaan hujan (intensitas hujan), keadaan angin (arah dan kecepatan angin), jarak pandang, dan tinggi gelombang (tinggi gelombang rata-rata dan tinggi gelombang tertinggi). Tinggi gelombang umumnya merupakan hal yang paling krusial dan paling ditakuti, baik oleh kapal nelayan maupun jenis kapal besar. Pengukuran unsur-unsur cuaca di laut menggunakan weather buoy, yaitu alat cukup besar yang mengapung di laut, yang dapat mengumpulkan data-data cuaca dan data-data laut. Informasi dari alat ini dikumpulkan di stasiun meteorologi maritim, di mana apabila terdapat perkiraan cuaca buruk dalam 24 jam ke depan, stasiun tersebut akan mengirimkan peringatan dini ke kapal-kapal yang berlayar.

  1. Menghadapi Mabuk Laut

Terkadang cuaca di laut mengakibatkan kapal harus terombang-ambing dan bergerak cukup hebat dan menimbulkan mabuk laut, apalagi untuk pemula. Mabuk laut dapat dihindari dengan cara-cara berikut. Usahakan perut Anda tidak dalam keadaan kosong, karena ini akan meningkatkan rasa mual, serta minumlah obat antimabuk sesegera mungkin jika Anda mulai merasakan mual, atau bahkan sebelum guncangan hebat dimulai sebagai antisipasi. Kabin di bagian tengah juga lebih sedikit guncangan dibandingkan bagian samping-samping atau bagian atas kapal. Berdiamlah di lokasi tersebut dan hindari aktivitas-aktivitas yang memang dapat menimbulkan mabuk perjalanan, misalnya membaca.

  1. Pentingnya Mengenal Alat-alat Keselamatan di Kapal

Sebelum Anda mulai berlayar, pastikan Anda mengetahui letak alat-alat keselamatan di kapal dan memperhatikan briefing oleh awak kapal yang lebih berpengalaman dari Anda mengenai langkah-langkah yang harus Anda ambil dalam keadaan darurat. Penting bagi Anda untuk mengetahui letak life jacket, dan ke arah mana Anda harus pergi saat darurat, misalnya ke arah sekoci.

  1. Kiat Bertahan di Air Saat Darurat

Bila memang kejadian tak terduga menimpa kapal Anda dan Anda harus bertahan di Air, pada prinsipnya hematlah energi Anda. Energi Anda diperlukan selain untuk beraktivitas, juga untuk menjaga panas tubuh. Usahakan badan terapung dengan kondisi terlentang, dan diamlah terapung sambil menunggu regu penolong. Bila Anda dekat dengan kapal penolong, berenanglah dengan posisi terlentang.

 

Jadi ini adalah tips berlayar untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat.