0
  CONTACT US by WHATSAPP
teknologi penangkap ikan
01
Sep
Teknologi Penangkapan Ikan Modern
Sep 01, 2016By Velasco Indonesia

Saat ini, teknologi penangkapan ikan tidak lagi terbatas dengan metode penjalaan dan umpan-kail saja. Peralatan navigasi elektronik serta peralatan terbaru pencari ikan dapat membantu Anda mendapatkan ikan terbaik di tempat terbaik. Berikut ini dibahas beberapa peralatan yang digunakan dalam teknologi penangkapan ikan modern.

teknologi penangkapan ikan

 

Colour echo sounder

Alat ini menggunakan cara kerja yang hampir mirip dengan ultrasonografi (USG) di dunia medis dan cara navigasi alami lumba-lumba serta kelelawar. Alat ini akan memancarkan gelombang suara yang dipantulkan oleh benda yang berada di jalur suara tersebut, kemudian dari data waktu yang diperlukan sejak suara tersebut terpancar hingga suara tersebut kembali, alat ini memperkirakan jarak benda-benda di sekitarnya. Alat ini dapat memperkirakan kedalaman laut dan juga adanya ikan, terutama ikan-ikan yang sedang bergerombol. Benda yang berbeda akan memantulkan suara dengan cara yang berbeda pula, dan ini diekspresikan dengan warna yang berbeda pada layar. Beberapa monitor dapat menampilkan sebanyak 16 warna untuk menggambarkan benda yang berbeda-beda.

Colour net recorder

Alat ini sebenarnya juga memanfaatkan colour echo sounder. Colour echo sounder dipasang pada jala penangkap ikan, kemudian datanya dikirimkan pada layar alat ini. Dengan cara tersebut, para nelayan dapat mengetahui ikan apa yang masuk ke jaring mereka. Colour net recorder yang terbaru bahkan dapat mengukur ukuran jala, penuh tidaknya jala, serta suhu di mulut jala.

Radar

Radar bekerja dengan cara yang hampir sama dengan colour echo sounder, yaitu dengan memanfaatkan pantulan suara. Namun, berbeda dengan colour echo sounder yang mendeteksi benda-benda dalam air, radar digunakan untuk mendeteksi benda-benda di atas air. Radar dapat mendeteksi benda sejauh 30-40 kilometer.

Sistem navigasi satelit

Nelayan-nelayan modern memanfaatkan sistem navigasi satelit untuk mengetahui keberadaan kapal penangkap ikan mereka. Selain itu, satelit juga dimanfaatkan oleh para nelayan untuk memperoleh informasi mengenai cuaca, suhu permukaan laut, tinggi gelombang, kondisi angin, serta lokasi yang memiliki banyhak ikan dan adanya kapal lain.

Dengan adanya teknologi penangkapan ikan, menangkap ikan sangat terbantu. Mari berharap terus berkembangnya teknologi penangkapan ikan di masa depan.