0
  CONTACT US by WHATSAPP
Teknik Wire Rope Sling
17
Jan
Teknik Wire Rope Sling dan Kekuatannya
Jan 17, 2020By Velasco Indonesia

Wire rope sling atau kawat seling adalah alat yang paling banyak diandalkan untuk mengangkut barang berat ratusan ton. Alat ini merupakan rangkaian wire rope yang diterminasi pada bagian ujungnya sehingga membentuk mata. Selanjutnya ujung tersebut dihubungkan lagi dengan alat bantu lain seperti shackle, hook, masterlink, dll. Terdapat berbagai macam teknik wire rope sling yang mempengaruhi kekuatan angkut dari sebuah wire rope.

Teknik Wire Rope Sling Wajib Dipahami Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan wire rope sling, sang pengguna wajib memperhatikan banyak hal, salah satunya adalah working load limit (WLL) atau safe working load (SWL), keduanya adalah batas kekuatan sebuah wire rope sling. Jangan sampai mengangkat beban melebihi WLL atau SWL, juga jangan terlalu pas. Sebab beban yang terlalu berat akan merusak alat serta membahayakan para pekerja.

Penting juga untuk melakukan prosedur cek rutin sebelum menggunakan wire rope sling. Misalnya mengecek kondisi fisik, ketebalan wire rope, kondisi mata sling, dll. Jangan ragu untuk membatalkan pemakaian wire rope apabila dicurigai ada yang rusak. Lebih baik panggil teknisi untuk memastikan alat itu dapat bekerja dengan baik, sebelum akhirnya digunakan.

Apa saja Teknik Wire Rope Sling

Terdapat banyak metode untuk menggunakan wire rope sling, mulai dari single leg sling yang terdiri dari vertical hitch, choker hitch, basket hitch, dan multiple leg sling. Semua teknik tersebut akan membentuk sudut, pastikan sudut yang terbentuk tidak lebih kecil dari 30 derajat.

Setiap teknik serta ukuran ketebalan wire rope yang digunakan sangat mempengaruhi kekuatan wire rope sling. Sederhananya, kekuatan wire rope sling (SWL) dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:

SWL (ton) = diameter (inch) x diameter (inch) x 8

Namun beda metode tentu beda pula SWL nya. Karena itu, supaya tidak repot menghitung, berikut ini tabel kekuatan wire rope sling yang sudah dikelompokkan berdasarkan teknik menggunakannya, serta ukuran diameter wire rope-nya.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual kawat seling asli bersertifikat dengan pelayanan terbaik. Kami juga menyediakan berbagai macam alat rigging sesuai kebutuhan Anda. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.