0
  CONTACT US by WHATSAPP
Teknik Navigasi Kapal
20
Dec
Teknik Navigasi Kapal Laut Masa Kini
Dec 20, 2019By Velasco Indonesia

Navigasi pada dasarnya merupakan suatu teknik agar kapal laut atau pesawat dapat sampai di tempat tujuan alias tidak “nyasar.” Teknik navigasi juga menghindarkan kapal laut atau pesawat dari tabrakan. Namun tentu teknik navigasi pesawat dan kapal laut sangat berbeda. Kali ini kita hanya akan membahas tentang teknik navigasi kapal laut yang banyak digunakan saat ini.

Teknik navigasi di laut sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Dulu para pelaut menggunakan tanda-tanda alam untuk membantu pelayaran. Mereka membaca bintang dan arah angin agar dapat selamat sampai di tujuan.

Sejurus dengan kemajuan teknologi, saat ini telah terpasang berbagai macam alat navigasi modern di kapal. Ilmu perbintangan telah digantikan dengan system perangkat modern seperti Radar dan GPS.

Radar, Teknik Navigasi Kapal Laut yang Menggunakan Gelombang Radio Elektromagnetik

Radar (RAdio Detection And Ranging) berfungsi mendeteksi atau mengetahui keberadaan objek atau benda-benda lain di sekitarnya. Radar tersusun dari beberapa perangkat yang bekerja dengan prinsip memancarkan gelombang (transmitter) dan menangkap gelombang (receiver).

Sistem ini memanfaatkan teori gelombang radio elektromagnetik. Gelombang dipancarkan ke berbagai arah dalam frekuensi tertentu. Kemudian akan dihitung waktu dan jarak yang diperlukan gelombang saat pancarkan hingga sampai tertangkap kembali oleh receiver. Lokasi dan kecepatan suatu benda atau objek itu lalu ditampilkan dalam suatu monitor.

Frekuensi gelombang radar secara internasional bekerja pada frekuensi S band atau X band. Frekuensi S band berada pada rentangan 2 – 3 GHz. Frekuensi X band berada pada rentangan 8-12 GHz. Frekuensi radar ditetapkan agar menghindari terjadinya gangguan antar frekuensi seperti frekuensi untuk komunikasi atau frekuensi darurat.

GPS, Teknik Navigasi Kapal Laut yang Menggunakan Satelit

GPS (Global Positioning System) merupakan sebuah sistem navigasi yang bergantung pada teknologi satelit. Sama seperti Radar, GPS pada dasarnya berfungsi untuk menentukan suatu lokasi dan area sekitarnya.

Sistem GPS terdiri dari satelit GPS, stasiun kontrol, monitor, dan receiver. Receiver menangkap data lokasi dari satelit berupa titik-titik koordinat. Selain menangkap informasi koordinat, receiver dapat mengirim koordinat lokasinya untuk dibandingkan dengan data dari beberapa satelit GPS lainnya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat navigasi kapaldan peralatan teknik lainnya seperti wire rope dan shackle, dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.