0
  CONTACT US by WHATSAPP
Pemadam Kebakaran
11
Dec
Pemadam Kebakaran : Bagaimana Syaratnya?
Dec 11, 2019By Velasco

Anda punya mimpi menjadi petugas pemadam kebakaran? Tahukah Anda syarat menjadi pemadam kebakaran? Tidak perlu khawatir, untuk menjadi petugas pemadam kebakaran, Anda tidak perlu memiliki kekuatan tahan api seperti Captain America, atau bisa terbang dan menyelamatkan korban seperti Superman. Sebab selama bekerja, Anda akan dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang dapat memudahkan Anda dalam menjalankan tugas memadamkan api dan menyelamatkan korban.

Syarat awal untuk masuk menjadi petugas pemadam kebakaran tidaklah sulit.

  1. Syarat umum

Dalam setiap lowongan pekerjaan tentu ada syarat umum yang harus dipenuhi, misalnya harus warga negara Indonesia, memiliki kelakuan baik, tidak pernah dipenjara (hal ini biasanya dibuktikan dengan SKCK), sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba. Selain itu, biasanya saat dibuka lowongan menjadi petugas pemadam, panitia penerimaan karyawan akan mengutamakan pelamar yang berdomisili di tempat yang dekat dengan areanya.

  1. Syarat khusus

Setelah memenuhi persyaratan umum di atas, selanjutnya adalah persyaratan khusus yang dibuat spesial untuk mencari karyawan petugas pemadam kebakaran. Beberapa syarat khusus ini diantaranya adalah: sudah lulus SMK (namun tidak termasuk SMK tata boga, tata busana, perhotelan), berusia minimal 18 hingga 25 tahun, serta memiliki tinggi badan minimal 165 cm.

  1. Syarat administrasi

Hal ini juga umum dalam setiap pencarian kerja, yaitu menyiapkan berbagai berkas administrasi, beberapa diantaranya adalah: surat lamaran, KTP, foto diri, surat keterangan sehat, ijazah, SKCK, dan surat keterangan bermaterai.

  1. Menjalani tes

Setelah lulus syarat administrasi, petugas akan memberitahukan jadwal untuk melakukan tes. Beberapa tes yang biasanya dilakukan adalah tes psikologi, tes jasmani, dan wawancara. Semua pelamar wajib mengikuti tes tersebut tanpa terkecuali.

Demikianlah syarat untuk menjadi petugas pemadam. Tidak sulit kan? Tentunya setelah berhasil melewati semua tes dan akhirnya diterima, Anda akan menjalani serangkaian pelatihan mengenai cara memadamkan api dan menyelamatkan korban. Untuk itu, Anda wajib belajar dan berlatih dengan rajin, termasuk menjaga kesehatan fisik, agar dapat menjadi petugas pemadam kebakaran teladan. Ingat: Pantang pulang sebelum padam!

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual alat pemadam kebakaran berkualitas dengan pelayanan terbaik, misalnya APAR, fire hose, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.