0
  CONTACT US by WHATSAPP
Supplier Anchor Chain
30
Sep
Supplier Anchor Chain Berkualitas
Sep 30, 2019By Velasco

Tentunya sudah kita tahu bersama bahwa, semua kapal baik yang berukuran besar atau kecil membutuhkan jangkar dan peralatan jangkar yang berkualitas. Di kapal besar dapat dilihat rantai yang menghubungkan jangkar dengan kapal. Tidak semua rantai jangkar sama. Rantai jangkar memiliki berbagai macam jenis berdasarkan ukuran dan grade. Untuk keselamatan saat berlayar, dibutuhkan rantai jangkar yang sesuai. PT Velasco Indonesia Persada merupakan supplier anchor chain berkualitas.

Dengan rantai jangkar yang tepat, kapal akan terhindar dari bahaya besar. Bayangkan, saat kapal berada di tengah laut dan dalam situasi harus berada di satu titik dalam waktu lama, sementara arus angin sedang kencang-kencangnya, maka kapal membutuhkan rantai jangkar yang dapat diandalkan untuk memastikan kapal dapat berlabuh dalam waktu yang lama di kedalaman perairan. Tanpa itu, kapal dapat hanyut terbawa arus air laut.

 

Jenis Anchor Chain

Rantai jangkar mempunyai fitur dan spesifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas saat digunakan. Jenis anchor chain yang sering dipakai yaitu rantai mesin kerek baja galvanis (galvanized-steel windlass), rantai jangkar yang terbuat dari baja rendah karbon dan rantai uji tinggi (highg test) yang melalui proses pemanasan (heat-treated). Rantai uji tinggi umumnya berasal dari paduan karbon-mangan tinggi. Tipe rantai ini banyak dipakai sebab memiliki batas dan daya angkut beban yang tinggi. Tipe ini sangat efektif dipakai untuk jangkar kapal dengan ukuran besar dan berat di kapal-kapal besar.

 

Tips Menentukan Panjang Anchor Chain

Berikut beberapa data yang diperlukan dalam menentukan panjang anchor chain:

  1. Hitung jarak antara permukaan air dengan haluan kapal.
  2. Cari tahu informasi tentang kedalaman air laut di jalur pelayaran kapal. Informasi tersebut dapat diperoleh dari navigasi terbaru.
  3. Tingkat kedalaman air laut saat pasang surut selalu berubah setiap hari. Oleh karena itu cari tahu informasi tentang ketinggian gelombang maksimum tiap hari.

Setelah memperoleh data-data tersebut, panjang rantai jangkar dapat ditentukan dengan perbandingan 7:1. Artinya, panjang rantai jangkar sebaiknya dibuat tujuh kali kedalaman laut.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai supplier anchor chain berkualitas dan peralatan kapal lainnya seperti marine GPS, atau alat keselamatan seperti life buoy. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.