0
  CONTACT US by WHATSAPP
Standard Evakuasi
10
Jan
Standard Evakuasi Saat Kebakaran
Jan 10, 2019By Velasco

Siapa pun tidak menginginkan kejadian bencana menimpa mereka, termasuk musibah kebakaran. Namun saat itu terjadi, semua orang perlu memahami prosedur standard evakuasi yang harus dilakukan. Sebab dalam keadaan darurat seperti kebakaran, semua harus bertindak cepat agar dapat meminimalisir korban jiwa.

Pada gedung bertingkat, kondisi kebakaran dapat terdeteksi dengan alarm peringatan yang berbunyi. Sesaat setelah alarm tersebut berbunyi, perlu dipastikan bahwa alarm tersebut bukanlah false alarm. Setelah yakin memang telah terjadi kebakaran, berikut ini beberapa standard evakuasi saat kebakaran yang perlu diketahui semua orang.

  1. Matikan semua peralatan elektronik yang terhubung ke listrik.
  2. Selamatkan dokumen-dokumen penting.
  3. Pindahkan benda-benda yang mudah terbakar.
  4. Bersiaga menerima instruksi dari petugas keamanan gedung (bila ada).
  5. Tetap tenang, jangan panik.
  6. Segera menuju tangga darurat, namun jangan berlari.
  7. Jangan membawa barang yang terlalu besar.
  8. Beritahu orang lain yang kira-kira tidak menerima peringatan kebakaran.
  9. Apabila pandangan tertutup dengan asap, berjalanlah dengan meraba tembok atau pegangan tangga. Atur nafas pendek-pendek.
  10. Jangan berbalik arah, sebab akan bertabrakan dengan orang di belakang, sehingga menghambat proses evakuasi.
  11. Langsung menuju ke titik kumpul yang biasanya ada di setiap gedung, lalu tunggu instruksi berikutnya.

Dengan memahami standard evakuasi saat kebakaran, setidaknya korban jiwa serta kerugian akan dapat diminimalisir. Apabila di tempat Anda bekerja sedang diadakan latihan evakuasi kebakaran, perhatikan prosedurnya baik-baik dan jangan anggap remeh, sebab kita tidak akan pernah tahu kapan kebakaran menimpa kita. Saat itu terjadi, kita sudah harus mengetahui apa saja yang perlu dilakukan.

Selain mempelajari standard evakuasi saat kebakaran, penting juga untuk memiliki peralatan pemadam kebakaran yang mumpuni agar dapat melakukan tindakan segera setelah terlihat adanya api yang membesar. Misalnya APAR, fire blanket, fire hose, fireman outfit, fire hose nozzle, dan lain sebagainya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai alat pemadam kebakaran berkualitas tinggi dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.