0
  CONTACT US by WHATSAPP
27
Sep
Sling Hoist dan Tekniknya – Distributor Kawat Sling
Sep 27, 2017By Velasco Indonesia

Sling Hoist (kerekan) dalam Teknik Rigging, mencakup beberapa hal yang mempengaruhi keselamatan kerja :

  • Limit Beban Kerja (Working Load Limit / WLL). Jangan bermain asumsi. Anda harus tahu batas beban kerja dari setiap perangkat. Jangan sampai berlebih.
  • Komponen yang Cacat. Periksa secara teliti, semua perangkat, komponen dan sling hoist sebelum dipakai.
  • Kondisi Cuaca / Angin yang Membahayakan. Jangan pernah melakukan proses rigging / hoisting ketika kondisi angin membahayakan untuk pekerja, masyarakat atau properti. Misal : Meskipun hitungan beban sudah sesuai kapasitas, namun bila menentang angin, bebab dapat terayun dan berputar sehingga membahayakan (karena ada tambahan tekanan pada sling hoist)
  • Kontak Elektrik. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang paling sering adalah tersetrum. Banyak pekerja yang mengabaikan prosedur tertulis yang menjelaskan tentang jarak minimum sling hoist, beban dan komponen lain dengan power pusat.
    sling hoist info

sling-hoist-info-2

Faktor Penyebab Berkurangnya Kapasitas
Working load limits / Limit Beban Kerja adalah hitungan dalam kondisi ideal. Kenyataannya, sangat sulit mendapatkan kondisi ideal di lapangan. Operator harus pandai-pandai mengenal faktor-faktor yang menyebabkan berkurangnya kapasitas sling hoist.
Swing. Ayunan dari beban yang menggantung, selain menyebabkan tambahan tekanan pada kerek (hoist) jua menambah berat beban itu sendiri. Tambahan tekanan ini sangat sulit untuk diukur tapi dapat menyebabkan crane terjungkir dan kerusakan pada perangkat hoist. Tekanan ayunan menjauhkan beban dari mesin, menambah radius dan beban samping peralatan. Beban harus dijaga untuk tetap dibawah titip boom. Cara terbaik adalah mengontrol beban dengan sangat pelan dan hati-hati.

Condition of equipment. Working load limits yang disetujui dapat diaplikasikan pada kondisi peralatan yang baik. Setiap komponen yang tidak dalam kondisi baik harus dicopot dan diservis atau diperbaiki atau dihancurkan.
Dynamic forces. Limit Beban Kerja (WLL) pada rigging dan sling hoist dibuat untuk beban yang diam. Anda harus perhatikan juga desain faktor keselamatan untuk beban bergerak. Untuk memastikan limit beban kerja tidak melebihi batas, biarkan angin dan tekanan lain terbentuk dari pergerakan mesin dan beban. Jangan melakukan ayunan dan perhentian yang tiba tiba pada beban yang bergelantungan. Akselerasi dan perlambatan juga menambah tekanan dinamis.
Weight of tackle. Perhitungan beban untuk perangkat hoisting, tidak mencakup berat dari hook, sling hoist dan equalizer beams. Kombinasi berat dari item-item ini harus ditambahkan sebagai beban total, sehingga kapasitas perangkat hoisting dan desain keselamatan harus dilebihkan untuk berjaga-jaga terhadap extra beban

PT Velasco Indonesia Persada adalah distributor peralatan hoist, sling untuk hoist, rigging dan berbagai peralatan lain seperti shackle, klem, turnbuckle, load binder, chain block, hook, swivle serta jual kawat sling itu sendiri. Silahkan kontak kami dan dapatkan penawaran terbaik untuk perusahaan Anda.
info@velascoindonesia.com
www.velascoindonesia.com