0
  CONTACT US by WHATSAPP
sistem lampu navigasi
16
Nov
Sistem Lampu Navigasi – Distributor Lampu Kapal
Nov 16, 2016By Velasco Indonesia
Setiap kapal harus dilengkapi dengan system untuk memperlancar operasi dilaut. Salah satu regulasi yang mengatur ini adalah COLREGS. Regulasi ini mengatur pemasangan dan standar peralatan navigasi di kapal untuk mencegah terjadinya tubrukan antara dua kapal atau lebih. Kapal menggunakan sistem lampu navigasi. Sistem lampu navigasi ini sangat berguna untuk kapal.
  • Steering and sailing rules
Adalah aturan ketika kapal sedang beroperasi. Di dalamnya mencakup cara mendahului kapal lain, ketika berpapasan dengan kapal lain, ketika berada pada daerah dengan jarak pandang terbatas, cara –cara pemberian jalan untuk kapal lain, dan sebagainya. Salah satunya adalah tentu saja dengan sistem lampu navigasi.
  • Lights and shapes
  • Lights (penandaan pada malam hari) Untuk kapal L > 50 m
  • Jarak pandang masthead light 6 mil, dan untuk lampu lainya dengan jarak pandang 3 mil Untuk kapal 12 m < L < 50 m
  • Jarak pandang mast head light 5 mil, dan untuk lampu lainya dengan jarak pandang 2 mil Untuk pemasangan lampu navigasi pada kapal dijelaskan pada gambar berikut:
  •  Sidelight: merah untuk Ps dan hijau untuk SB Pemasangan lampu ini harus mencakup jarak pandang masing-masing 112.50 dari center line.
  •  All-round light: warna putih
Pemasangan lampu dapat terlihat dengan jangkauan 3600
  • Masthead lights: warna putih Pemasangan lampu dengan kemampuan penynaran menerus dengan sudut 2250
  • Shapes (penanda pada siang hari)
Tanda ini berupa ball, cone, diamond, cilynder, dan triangle. Pemasanganya dikombinasikan sehingga dapat diliat oleh kapal lain agar kondisi kapal dapat dimengerti oleh kapal lain.
 
Sound signal
 
Setiap kapal dilengkapi dengan bel dengan bunyi yang sangat keras yang digunakan untuk member tanda kepada kapal lain. Pemberian tanda ini berupa kode atau sandi yang telah ditetapkan standarnya secara internasional
Jadi begitulah dengan apa yang disebut dengan sistem lampu navigasi kapal laut. Sistem lampu navigasi kapal ini sangat penting dan sangat berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan di laut. Bayangkan saja seperti mobil di jalanan, kapal juga membutuhkan lampu untuk memberi tanda kepada kapal-kapal lain yang sama sama ada dilaut. Semoga artikel ini bermanfaat.