0
  CONTACT US by WHATSAPP
shackle atau segel
20
Oct
Shackle atau Segel – Sparepart Kapal
Oct 20, 2016By Velasco Indonesia

JENIS SHACKLE atau SEGEL BERDASARKAN MATERIAL BAHAN BAKUNYA

shackle atau segel

Berdasarkan material bahan bakunya, shackle atau segel dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Shackle JIS type
  2. Shackle SWL

– Shackle JIS Type –

Shackle ini sering disebut dengan shackle galvanis atau shackle dee galvanis. Shackle jenis ini terbuat dari bahan baku mild steel / Malleable Steel. Shackle ini memiliki karakteristik yaitu tidak mempunyai nilai breaking load yang artinya tidak dapat digunakan untuk mengangkat barang atau aplikasi berat lainnya. Karena Shackle / segel jenis ini tidak cocok digunakan untuk aplikasi berat, maka shackle ini cocok digunakan untuk aplikasi Dapra, Pagar dan Lashing ( ikat ).

– Shackle SWL –

Shackle jenis ini terbuat dari bahan baku carbon steel yang artinya bahan campuran baja dan karbon yang memiliki karakteristik kuat dan memiliki nilai breaking load. Besi karbon adalah besi yang mengandung antara 0.5% sampai dengan 1.5% karbon dengan sejumlah kecil mangan, belerang, fosforus, dan silikon. Karena bahan bakunya yang memiliki karakteristik lebih kuat ini, maka shackle jenis ini dapat digunakan untuk aplikasi berat yaitu lifting dan towing.

 

JENIS SHACKLE atau SEGEL BERDASARKAN BENTUK TIPENYA

Berdasarkan bentuk tipenya, shackle atau segel juga dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Shackle Dee
  2. Shackle Omega

– Shackle Dee –

JENIS-JENIS SHACKLE SEGEL (2)

Shackle jenis ini berbentuk seperti huruf D, karena itu shackle /segel ini dinamakan shackle Dee. Shackle jenis ini hanya cocok digunakan untuk aplikasi angkat yang menggunakan rantai atau chain sling sebagai alat bantu angkatnya. Bentuknya yang menyerupai huruf D membuat rantai dapat terpasang secara benar pada lubangnya, hal ini maksudnya yaitu rantai tidak bisa bergerak atau goyang saat dipasangkan dan digunakan untuk mengangkat barang menggunakan shackle Dee ini.

– Shackle Omega –

JENIS-JENIS SHACKLE SEGEL (3)

Shackle jenis ini berbentuk seperti tapal kuda, tapi lebih tepatnya shackle / segel jenis ini berbentuk seperti symbol omega “?”, oleh karena itu shackle ini dinamakan shackle “omega”. Shackle / segel jenis ini digunakan kebanyakan user untuk aplikasi lifting ataupun towing yang menggunakan wire rope, seperti wire rope sling. Shackle omega ini di design memiliki lubang kait lebih besar dari shackle Dee karena disesuaikan dengan ukuran wire rope yang lebih besar diameternya dibandingkan dengan rantai, dan juga agar shackle / segel jenis ini juga dapat muat lebih banyak sling ( 1 shackle dapat dipasang 2 wire rope sling ). Lubang kaitnya yang hampir berbentuk lingkaran membuat wire rope terpasang dengan benar sehingga mengurangi kegesekan antara shackle dan wire rope saat diaplikasikan. Sebagai informasi tambahan, shackle jenis ini juga dapat digunakan untuk aplikasi yang menggunakan webbing sling sebagai alat bantu angkatnya dengan standard ketentuan penggunaan tertentu.

 

JENIS SHACKLE atau SEGEL BERDASARKAN BENTUK PENGUNCINYA

Sedangkan berdasarkan bentuk penguncinya, shackle atau segel dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Shackle “Screw Pin”
  2. Shackle “Round Pin”
  3. Shackle “Bolt & Nut Type” / Mur Baut

– Shackle “Screw Pin” –

JENIS-JENIS SHACKLE SEGEL (1)

Shackle / Segel jenis ini menggunakan bentuk pin dengan pemutar scrup tanpa menggunakan pengunci. Hanya dikencangkan saja sampai batas maksimal ulirnya agar tidak terlepas. Shackle ini digunakan untuk aplikasi Non permanen ( Aplikasi yang membutuhkan shackle yang dapat dibongkar pasang kembali dengan mudah )

– Shackle “Round Pin” –

JENIS-JENIS SHACKLE SEGEL (3)

Shackle / Segel jenis ini menggunakan bentuk pin dengan pengunci diujungnya tanpa menggunakan ulir sebagai pengencang. Shackle ini juga digunakan untuk aplikasi Non permanen.

– Shackle “Bolt & Nut Type” / Mur Baut –

JENIS-JENIS SHACKLE SEGEL (4)

Shackle / Segel jenis ini menggunakan bentuk pin seperti kepala baut dengan pengunci baut dan pengunci pinnya. Shackle jenis ini lebih aman karena tidak mudah terbuka. Shackle / Segel ini digunakan untuk aplikasi yang lebih permanen, contohnya pada aplikasi offshore.