0
  CONTACT US by WHATSAPP
Sejarah GPS
13
Dec
Sejarah GPS dan Cara Kerjanya
Dec 13, 2019By Velasco

Saat ini kita sudah populer dengan istilah GPS atau Global Positioning System, yaitu sistem peta global yang dapat menunjukkan titik lokasi kita dan lokasi tujuan. GPS saat ini menjadi alat navigasi utama yang digunakan oleh seluruh jenis kendaraan, termasuk kapal laut. Seperti apa sih sejarah GPS? Yuk cari tahu di sini.

Sejarah GPS

Pada awalnya GPS dibuat dan dioperasikan untuk keperluan militer. Kementerian Pertahanan Amerika Serikat diketahui sebagai pihak yang pertama menggunakannya.

Di Amerika sistem ini dikenal dengan Satellite Timing and Ranging Global Positioning System (NAVSTAR GPS). Global Navigation Satellite System atau GNSS merupakan system umumnya dan dipakai dalam pernavigasian baik pada transportasi laut, transportasi udara, maupun di darat.   

Sistem satelit sendiri tersusun dari satelit, stasiun bumi atau stasiun kontrol, dan penerima (receiver). Saat ini negara-negara yang telah memiliki satelit GPS diantaranya adalah Amerika, Rusia, China, dan lain-lain.

Jumlah satelit GPS saat ini ada sekitar 24 satelit. Jumlah satelit yang banyak dimaksudkan agar dapat menjangkau semua permukaan bumi. Satelit-satelit GPS berada di orbit MEO (Medium Earth Orbit) yaitu pada ketinggian antara 2.000 km hingga 35.786 km.

Setelah tahu sejarah GPS, yuk pelajari cara kerja GPS pada kapal laut

GPS digunakan sebagai AIS atau Automatic Identification System. AIS ini menjadi semacam tanda pengenal atau identitas kapal. AIS pada kapal memperoleh koordinat lokasi kapal tersebut dan kapal-kapal disekitarnya dari satelit GPS. Satelit GPS menghitung koordinat kapal dengan metode perhitungan triangulasi. Untuk lokasi yang presisi AIS menyimpan koordinat yang diperoleh beberapa satelit GPS.

Perhitungan triangulasi dihitung dari jarak antara penerima dengan satelit GPS. Dalam kecepatan tertentu AIS mengirim dan menerima sinyal satelit. Satelit mengkalkulasi time delay antara waktu terima dan waktu kirim sinyal tersebut. Sinyal-sinyal terebut merupakan sinyal digital yang berisi koordinat.

Perhitungan dengan membandingkan hasil dari beberapa satelit GPS disebut perhitungan trilaterasi. Koordinat yang diperoleh dari satelit tersebut dapat ditampilkan peta 2D (2 dimensi). Di jaman sekarang, koordinat telah dapat ditampilkan dalam bentuk lebih riil yaitu 3D (tiga dimensi) dengan cara memanfaatkan banyak satelit GPS.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor GPS kapaldan alat navigasi lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.