0
  CONTACT US by WHATSAPP
24
Aug
Segala Tentang Memancing Cumi
Aug 24, 2016By Velasco Indonesia

memancing cumiMemancing cumi pada umumnya yang sering digunakan adalah teknik casting dengan ukuran umpan tiruan yang berkisar antara satu sampai 3,5 inci. Umpan yang lebih besar, misalnya umpan berukuran empat inci, sangat cocok digunakan untuk memancing cumi dengan teknik trolling di waktu malam hari jika bulan sedang terang.

Bentuk umpan cumi yang cocok digunakan tergantung tempat memancingnya. Memancing cumi di perairan dangkal sedalam satu hingga dua meter cocok menggunakan tipe umpan floating atau semi floating yang bertimah kecil. Pemancingan cumi pada kedalaman 3-5 hingga 4-8 meter menggunakan semi floating timah sedang atau shallow. Lebih dalam dari itu, cocok digunakan umpan cumi bertimah besar tipe deep.

Bahan favorit untuk umpan cumi adalah kayu dan plastik karena umpan pancing cumi jenis ini murah dan mudah didapatkan. Selain kayu dan plastik sebenarnya masih ada umpan pancing cumi lain berbahan fiber dan timah. Jenis bahan ini juga berpengaruh pada teknik memancingnya. Bahan metal atau timah cocok digunakan dengan teknik ngotrek (tarik ulur), sedangkan bahan lain yang lebih ringan dapat digunakan dengan teknik casting.

Warna yang potensial untuk memancing cumi adalah warna cerah yang mencolok, contohnya jingga, merah muda, merah, biru, hijau, dan kombinasi warna-warna tersebut. Jika gelap, lebih baik lagi bila Anda menggunakan umpan yang glow in the dark untuk menarik cumi menangkap pancingan Anda.

Tempat-tempat yang dapat Anda pertimbangkan untuk pancing cumi, dapat di daerah pinggiran pantai yang kedalamannya antara 2-5 meter di mana banyak terumbu karang dan rumput laut atau tempat-tempat yang memiliki sorotan lampu terang pada malam hari misalnya pelabuhan atau dermaga karena cumi-cumi sangat tertarik pada cahaya pada malam hari. Jika Anda memancing dengan menggunakan perahu atau kapal, penggunaan penerangan yang difokuskan ke arah pancing Anda dapat memaksimalkan jumlah tangkapan. Lebih baik lagi apabila Anda pergi memancing cumi pada saat terang bulan. Saat-saat itu banyak cumi yang keluar untuk mencari makan.

Sekian beberapa tips untuk pancing cumi. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yang baru mulai menggeluti bidang ini.