0
  CONTACT US by WHATSAPP
Rantai Jangkar Kapal
11
Jun
Distributor Rantai Jangkar Kapal
Jun 11, 2019By Velasco

Setiap kapal perlu memiliki jangkar, fungsinya adalah untuk parkir atau menambatkan kapal pada satu titik tertentu. Nah, setiap jangkar terdiri dari serangkaian peralatan untuk menunjang fungsi jangkar. Salah satunya adalah rantai jangkar kapal.

Peran rantai jangkar bisa dibilang sangat vital karena rantai inilah yang bertugas menghubungkan kapal dengan jangkarnya. Rantai jangkar juga lah yang dapat menaikkan dan menurunkan jangkar saat kapal hendak ‘parkir’ di suatu tempat. Begitu jangkar diturunkan hingga ke dasar laut, maka kapal dapat diam di tempat dan tidak bergerak walaupun ada arus dan angin.

Salah satu rangkaian jangkar yang satu ini biasanya dijual dengan beberapa tingkatan grade, seperti grade U2 dan U3 dengan satuan length (1 length sama dengan 27,5 meter). Perbedaan antara grade U2 dan U3 ada pada material besinya. Rantai grade U3 punya material besi dengan komposisi yang lebih padat. Karena itu, grade U3 memilili breaking load lebih tinggi ketimbang grade U3. Tidak hanya itu, harga grade U3 juga lebih mahal.

Rantai jangkar kapal sedikit berbeda dengan rantai biasa karena khusus digunakan untuk jangkar. Misalnya mata rantainya memiliki stud link atau besi penghalang di bagian tengahnya. Stud link ini punya fungsi untuk menjaga rantai supaya tidak berputar. Kemudian di ujungnya, rantai ini memiliki ukuran lebih besar serta tidak ada stud link, fungsi bagian ujung ini adalah untuk dikaitkan ke jangkar dan chain locker.

Rantai jangkar dapat berfungsi dengan baik selama dirawat dengan baik pula. Cara merawatnya adalah dengan rutin dibersihkan menggunakan palu dan sikat kawat, atau bias juga dengan metode sandblasting yaitu menyemprot rantai jangkar dengan pasir bertekanan tinggi.

Selain itu, sering-seringlah mengukur diameter mata rantainya, setidaknya tiap 5 tahun untuk dapat mengetahui kondisinya. Karena langsung terpapar air laut, rantai ini sangat mudah berkarat sehingga diameter rantai perlahan-lahan akan menipis. Segera ganti saat diameternya telah mencapai 15,44 mm atau kurang dari itu.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor rantai jangkar kapal dan aksesoris jangkar lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.