0
  CONTACT US by WHATSAPP
Rantai Galvanis dan Rantai Baja
25
Oct
Rantai Galvanis dan Rantai Baja
Oct 25, 2019By Velasco

Rantai adalah serangkaian logam atau bahan lainnya yang berbentuk seperti cincin dan saling berkait satu sama lain. Rantai digunakan untuk menarik, mengangkut atau mengikat suatu barang yang biasanya bermuatan berat. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang rantai yang paling sering digunakan dalam industri alat berat seperti konstruksi bangunan, perkapalan dan sebagainya. Rantai tersebut adalah rantai galvanis dan rantai baja.

 

Rantai Baja

Rantai baja adalah sebuah rantai yang tebuat dari logam campuran, terdiri dari logam besi (Fe) yang menjadi unsur dasar dengan karbon (C) sebagai unsur campuran utamanya. Grade atau tingkatan rantai baja bergantung dari komposisi unsur pembentuknya, yaitu komposisi kandungan unsur karbon dalam baja rantai tersebut. Biasanya kandungan karbon dalam baja sebesar kurang lebih 0,2% hingga 2,1% dari berat baja tersebut.

Karbon dalam baja berguna untuk membuat baja lebih kuat dan keras. Unsur ini mencegah terjadinya dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Contoh karbon pada baja selain di rantai dapat kita lihat pada alat sabit atau cangkul, keduanya juga terbuat dari baja karbon, sering juga disebut sebagai baja hitam karena warnanya hitam.

 

Rantai Galvanis

Rantai galvanis adalah rantai yang terbuat dari logam yang telah melewati proses galvanisasi. Proses galvanisasi itu sendiri berguna untuk menjadikan logam rantai lebih tahan lama saat digunakan dan tahan terhadap korosi, ini penting terutama bagi rantai yang digunakan pada kapal. Proses ini dilakukan dengan melapisi besi atau logam lainnya dengan seng atau zinc (Zn).

Terdapat dua jenis teknik galvanisasi berdasarkan proses pengerjaannya, yaitu hot dip galvanizing dan galvanized electroplating atau galvanis electroplating (electrogalvanized). Hot dip galvanizing adalah sebuah teknik pelapisan yang dilakukan dengan cara mencelupkan logam dasar seperti baja ke dalam larutan seng cair. Galvanis elektroplating adalah teknik pelapisan dengan memanfaatkan listrik yang dialirkan ke dalam treatment bath galvanize yang membuat partikel seng menempel ke permukaan material logam seperti besi atau baja.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor rantai galvanis dan rantai baja serta peralatan lainnya seperti wire rope dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.