0
  CONTACT US by WHATSAPP
31
Aug
Perlengkapan Kapal Laut Untuk Berlabuh
Aug 31, 2017By Velasco Indonesia

Perlengkapan Kapal Laut yang menunjang proses berlabuh terdiri dari beberapa bagian. Perlengkapan ini wajib dimiliki oleh kapal dimana jumlah dan ukurannya ditentukan berdasarkan angka penunjuk. Beberapa alat yang digunakan dalam proses ini adalah:

    • Anchor handling

Anchor handling merupakan sistem penanganan jangkar pada saat kapal sedang lego jangkar. Jumlah dan ukuran jangkar pada kapal ditentukan berdasarkan peraturan dari biro klasifikasi seperti BKI, LR, ABS, dll. Perlengkapan kapal laut yang berhubungan dengan jangkar adalah hawse pipe (tabung jangkar), chain pipe (tabung rantai), chain controller, chain stopper dan eye plate pada kedua sisi haluan kapal. Perlengkapan kapal laut ini digunakan untuk menurunkan dan menaikkan jangkar digunakan windlass.

Jangkar dan perlengkapannya adalah susunan yang kompleks dari bagian-bagian dan mekanismenya. Kegunaan jangkar adalah ialah untuk membatasi gerak kapal pada waktu labuh di luar pelabuhan agar kapal tetap pada kedudukannya meskipun mendapat tekanan oleh arus laut, angin, gelombang, dan sebagainya.

    • Rantai Jangkar

Rantai jangkar merupakan rantai yang terdiri atas potongan-potongan antara satu segel (shackle) dengan segel lainnya yang mana setiap potongan memiliki standar panjang masing-masing 15 fathoms.
Susunan mata rantai dalam 15 fathom terdiri dari : segel penghubung (connecting schakle), mata rantai ujung (end link), mata rantai besar (large link), ordinary link dan seterusnya samapai kembali ke mata rantai besar, mata rantai ujung dan terakhir segel penghubung. Segel penghubung yang paten adalah kenter schakle. Besarnya diameter mata rantai biasa juga ditentukan berdasarkan angka penunjuk Z. Dimensi mata rantai yang lain tergantung pada diameter mata rantai biasa. Sedangkan susunan rantai jangkar pada bagian fore runner adalah jangkar, segel jangkar, mata rantai ujung, mata rantai besar, kili-kili (swifel), mata rantai besar, mata rantai biasa dan seterusnya kemudian diakhiri dengan mata rantai besar, mata rantai ujung dan segel penghubung.

perlengkapan kapal laut

    • Tabung Rantai Jangkar (Hawse Pipe)

Diameter dan tebal tabung rantai jangkar tergantung pada diameter mata rantai biasa dan bahan yang digunakan untuk tabung rantai jangkar terbuat dari besi tunag, baja tunag atau plat baja. Panjang tabung rantai jangkar disesuaikan dengan kebutuhan yang tergantung pada peletakan kemiringan tabung rantai jangkar agar gesekan rantai dengan ujung tabung sekecil mungkin dan dirancang sedemikian rupa agar jangkar saat diturunkan atau dinaikkan tidak sampai menggeser lambung haluan. Besarnya diameter Pipa rantai jangkar (Chain pipe) tergantung pada diameter rantai biasa. Sedangkan panjang pipa ini disesuaikan dengan kebutuhan minimal sama dengan tinggi bangunan akil dan pada ujung-ujung pipa bagian atas dan dibawah harus dipertebal pada bagian bibirnya.

    • Lemari Rantai Jangkar (Chain Locker)

Peletakan lemari rantai jangkar dapat dipasang pada bagian depan sekat tubrukan. Harus tersedia sekat pemisah pada lemari rantai jangkar agar rantai jangkar pada lambung kanan dan pada lambung kiri tidak saling berbelit di dalam lemari rantai dasar, agar rantai pada saat masuk dalam lemari rantai tidak bergemuruh maka pada dinding dan dasar lemari rantai jangkar harus dilapisi kayu. Disamping itu dasar lemari rantai harus berlubang-lubang dan harus ada pengikat rantai (cable clenchess) pada ujung rantai jangkar di dalam lemari jangkar dan pengikat ini harus menempel pada dinding lemari rantai dan dapat di lepas dari ikatannya dari luar lemari rantai jangkar. Selain itu pada bagian bawah di luar lemari rantai jangkar dilengkapi sumuran untuk lumpur guna menampung sisa-sisa cairan Lumpur yang melekat pada mata-mata rantai saat lego jangkar mengalir melalui lubang-lubang didasar lemari rantai jangkar.

    • Mesin Jangkar (Wind Lass)

Mesin jangkar digunakan untuk menarik atau menurunkan jangkar pada saat lego jangkar. Tipe mesin jangkar menurut peletakannya digeladak ada dua tipe yaitu horizontal wind lass yang kebanyakan dipasang pada kapal barang dan tanker dan vertikal wind lass yang banyak dipasang pada kapal penumpang dan kapal perang.

    • Penyetop Rantai Jangkar (Stopper)

Perlengkapan kapal laut ini digunakan untuk menahan rantai jangkar saat kapal sedang berlayar dimana jangkar tanpa tongkat disimpan dalam tabung rantai jangkar. Macam-macam stopper adalah Brown chain stopper, wardill chain stopper, dog chain stopper.

    • Tali Tambat

Digunakan Untuk menambatkan kapal di dermaga .macam- macam tali yang digunakan sebagai tali tambat dikapal dibagi atas tali yang terbuat dari serat tumbuh -tumbuhan (nabati), tali yang terbuat dari serat sintetis, dan tali kawat baja.

PT Velasco Indonesia Persada adalah distributor perlengkapan kapal profesional yang menyediakan aneka rantai, peralatan kapal, alat safety, alat navigasi kapal. Silahkan hubungi tim kami info@velascoindonesia.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.