0
  CONTACT US by WHATSAPP
Perbedaan Hoist dan Crane
20
Aug
Memahami Perbedaan Hoist dan Crane
Aug 20, 2018By Velasco

Barangkali beberapa di antara kita pernah melihat atau mempraktekan langsung adegan menimba air di sumur. Nah, untuk dapat mengangkat air dari sumur tersebut dibutuhkan kerekan yang terdiri dari semacam roda yang dapat berputar, roda tersebut membawa rantai atau tali yang dikaitkan ke ember untuk mengangkut air. Sistem inilah yang disebut dengan hoist. Bagaimana perbedaan hoist dan crane? Mari kita bahas lebih lanjut.

Jadi, hoist secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah serangkaian alat kerek yang memiliki fungsi untuk mengangkat dan menurunkan barang secara vertikal (dari atas ke bawah, atau sebaliknya). Sementara crane merupakan mesin pengangkut alat berat yang menggunakan hoist sebagai salah satu komponen penting di dalamnya.

Dengan adanya crane, maka sebuah barang yang telah diangkat (oleh sistem hoist) dapat dipindahkan ke titik lain. Crane memiliki berbagai komponen yang memungkinkan barang tersebut dapat bergerak maju, mundur, ke kiri, ke kanan, dan ke segala arah. Sementara hoist hanya merupakan serangkaian sistem yang menjadi bagian dari crane tersebut.

Selain pada kerekan sumur, sistem hoist juga diterapkan pada elevator atau lift. Sementara crane biasanya digunakan pada industri heavy lifting seperti konstruksi, migas, perkapalan, cargo, dan lain sebagainya. Demikianlah perbedaan hoist dan crane.

Setiap hoist dan crane memiliki elemen penting untuk dapat menjalankan fungsinya, beberapa diantaranya adalah tali atau rantai dan hook. Tali dapat berupa tali tambang, tali manila, hingga tali kawat baja atau wire rope, menyesuaikan dengan berat beban yang akan diangkut. Namun untuk crane, pasti menggunakan sejenis wire rope atau rantai, sebab barang yang diangkut jauh lebih besar. Sementara hook berfungsi untuk mengaitkan tali atau rantai tersebut ke barang yang akan dipindahkan.

Selain tali atau rantai dan hook, masih ada beberapa alat lain yang digunakan pada crane untuk aplikasi rigging (memindahkan barang dari satu titik ke titik lain). Beberapa diantaranya seperti shackle, turnbuckle, wire clip, dan masih banyak lagi.

Setelah memahami perbedaan hoist dan crane. Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami adalah supplier peralatan hoist crane seperti wire rope, chain, dan peralatan rigging lainnya dengan pelayanan berkualitas. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.