0
perawatan rantai jangkar
08
Jun
Perawatan Rantai Jangkar Kapal
Jun 08, 2017By Velasco Indonesia

Sesuai dengan ketentuan dari peraturan klasifikasi misalnya Bureau Veritas, kondisi mata rantai jangkar akan diperiksa. Untuk periode setiap tahun (annual survey) mata rantai yang terlihat yaitu didaerah length atau segel pertama dekat dengan jangkar diperiksa secara visual dan apabila terlihat ada keausan atau bagian stud atau dam yang terlepas maka segel tersebut direkomendasikan untuk segera diganti dalam kesempatan pertama yaitu pada saat kapal dok. Dibutuhkan perawatan rantai jangkar.

perawatan rantai jangkar

Persyaratan pemeriksaan dan perawatan rantai jangkar secara keseluruhan harus dilaksanakan setiap lima tahun (pada saat special survey) dengan cara seluruh rantai jangkar lengkap dengan swivel dan dan kenter segel harus digelar dan dikalibrasi ukuran diameter mata rantainya. Pada umumnya pemilik kapal yang sudah memilik sistim perencanaan pemeliharaan, pengecekan rantai mereka laksanakan setiap dua setengah tahun pada waktu kapal naik dok.

Diameter minimal yang diijinkan oleh klasifikasi (Bureau Veritas) adalah
d = 0.88 D (m/m)
d = diameter mata rantai saat kalibrasi
D = diameter original mata rantai (rantai baru)

Namun demikian didalam operasional ada kalanya sebelum diameter mata rantai mencapai diameter minimal, posisi segel dapat dirubah dengan membalik posisi segel, misalnya jumlah segel 7 segel maka posisi awal segel 1 dirubah menjadi posisi segel ke 7 dan segel ke 7 menjadi posisi segel 1. Hal ini dapat dilakukan karena keausan mata rantai biasanya terjadi pada ujung segel misalnya segel 1, 2, 3 karena segel ini yang paling sering digunakan. Apabila pada pemeriksaan diatas dok pada saat rantai jangkar digelar dan didapatkan bahwa sebagian besar mata rantai dalam suatu segel memiliki diameter dibawah diameter minimum, maka ratai sepanjang segel tersebut harus diganti. Sebelum rangkaian rantai jangkar dipasang dikapal, seluruh rantai dibersihkan dan dilapisi cat khusus untuk rantai jangkar (bitumastic paint) dan pada posisi mata rantai sambungan biasanya diberi tanda dengan cat berwarna putih. Pemeliharaan juga berlaku terhadap kenter shackle dan swivel jangkar, untuk swivel jangkar apabila bagian yang berputar mengalami keausan, dan diameter poros atau lubang porosnya maka direkomendasikan untuk diganti.

perawatan rantai jangkar diatas dilakukan untuk menghindarkan rantai jangkar putus atau jangkar terlepas yang dapat membahayakan kapal dan kerugian material. Sebagai catatan pihak pemilik kapal dan nahkoda kapal, hasil kalibrasi terakhir diameter rantai jangkar yang dibuat oleh pihak galangan dan sudah diperiksa oleh surveyor klasifikasi, catatan tersebut harus disimpan diatas kapal.

Velasco Indonesia menjual berbagai peralatan kapal. Untuk melihat produk kami, kunjungi www.velascoindonesia.com
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email: cso@velascoindonesia.com