0
  CONTACT US by WHATSAPP
perawatan alat keselamatan kapal
21
Aug
Pentingnya Perawatan Alat Keselamatan Kapal
Aug 21, 2016By Velasco Indonesia

Perawatan Alat Keselamatan Kapal

SOLAS menyatakan bahwa sebelum kapal meninggalkan dermaga dan pada tiap saat ketika berlayar,semua peralatan keselamatan kapal harus dapat bekerja dan siap digunakan sewaktu-waktu. Untuk itu, SOLAS juga mengatur jadwal minimal untuk perawatan alat keselamatan kapal, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Dewi-dewi yang digunakan perlu diinspeksi secara periodik dengan perhatian khusus untuk area yang sering bergesekan, dan diperbaharui sebutuhnya sekurangnya tiap lima tahun atau ketika rusak.
  • Suku cadang dan peralatan untuk perbaikan alat kapal perlu disediakan untuk peralatan keselamatan kapal dan komponen-komponenny dan perlu diganti secara periodik.
  • Beberapa inspeksi dilakukan per minggu dan laporan inspeksi tersebut perlu dicatat. Inspeksi per minggu yang perlu dilakukan:

o   Pemeriksaan secara inspeksi terhadap semua perahu darurat (sekoci, rakit), perahu penyelamat dan alat untuk menurunkannya, untuk memastikan bahwa semua siap digunakan. Inspeksi tersebut termasuk kondisi pengait, sambungan kait tersebut pada perahu/sekoci, dan lain-lain.

o   Semua mesin pada perahu-perahu keselamatan dijalankan selama 3 menit atau lebih. Pada saat memanaskan mesin ini perlu diperiksa apakah mesin bekerja dengan semestinya. Beberapa mesin tidak dapat menyala hingga 3 menit bila tidak terendam air. Dalam kondisi tersebut, air perlu disediakan untuk menguji mesin.

o   Semua sekoci perlu dilepas dari posisinya di kapal untuk memungkinkan pemeriksaan menyeluruh

o   Sistem alarm emergensi umum perlu diperiksa.

  • Pemeriksaan bulanan meliputi:

o   Semua sekoci/perahu penyelamat perlu dilepas dari posisi penyimpanannya di kapal bila kondisi cuaca dan laut memungkinkan

o   Inspeksi peralatan penyalamat, termasuk sekoci, dilakukan bulanan menggunakan checklist yang disediakan oleh SOLAS.

  • Semua rakit penolong kembung, jaket penolong, dan sistem evakuasi diservis periodik tidak lebih dari 12 bulan pada stasiun servis yang kompeten dan memiliki personil yang terlatih.
  • Semua sistem evakuasi perlu dijalankan secara periodik sesuai kesepakatan
  • Unit peluncur hidrostatik perlu diservis sekurang-kurangnya tiap 12 bulan, atau bila interval tersebut tidak praktis, tiap 17 bulan pada stasiun servis yang kompeten dan memiliki personil yang terlatih.

Perawatan alat keselamatan kapal sangat

perawatan alat keselamatan kapal
perawatan alat keselamatan kapal

penting untuk mencegah terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan.