0
  CONTACT US by WHATSAPP
peralatan pembuat kapal kuno
27
Oct
Peralatan Pembuat Kapal Kuno
Oct 27, 2016By Velasco Indonesia

Peralatan pembuat kapal kuno sangat berbeda dengan alat alat yang kita miliki sekarang. Pembuatan kapal pada zaman dahulu mempunyai alat yang bisa dikatan masih kuno jauh dari mesin-mesin yang saat ini digunakan. misalnya saja pemotong kayu yang dulunya digunakan yaitu gergaji besar. sekarang sudah mengggunakan Singso dengan menggunakan mesin ini waktu dan tenaga semakin cepat.

Dalam peralatan pembuat kapal kuno, banyak menggunakan kayu karena kapal yang akan dibuat terbuat dari berbagai macam kayu sehinnga untuk memtong dan membentuknya perlu menggunakan alat alat khusus untuk membentuknya menjadi bagian dari bentuk kapal.

Alat-alat Pembuatan Kapal

Berikut adalah peralatan pembuat kapal kuno:

Kapak
Alat pembuat kapal ini, mirip dengan kapak, digunakan untuk membentuk dan merapikan kayu. kapak di dibawah ini berbentuk ramping panjang melengkung seperti pisau set dan mempunyai sudut yang melengkung untuk pemegang.
Kapak

Alat pembuat kapal untuk pengeboran lubang di kayu.

Axe Alat pembuat kapal ini, kapak membuat kapal kayu dapat menjadikan berbagai bentuk. Bentuk pisau tergantung pada fungsi kapak. tepi pisau itu baik lurus atau melengkung, sebagian besar melengkung; Sudut pisau juga bervariasi tergantung apakah kayu keras atau lembut yang harus dipotong, pisau tipis yang diperlukan untuk kayu yang paling sulit. Sebuah ukuran yang khas akan menjadi 1,4 “(3.5cm) tebal, tinggi pisau dari 4,1” (10.5cm) dan panjang blade 7,4 “(19cm).

pengeboran lubang di kayu

Kumbang: Sebuah alat pembuatan kapal. Sebuah palu besi yang berat digunakan untuk mendorong wedges (besi) ke dalam lapisan kapal kayu untuk membukanya sebelum gala.

Mendempul Mallet: Sebuah alat pembuatan kapal. Besi atau palu kayu (palu berat) yang digunakan untuk meratakan berbagai kayu, untuk membuka paku atau untuk mengisi lapisan dengan oakum.

palu kayu

Menggambar Knife: Sebuah alat pembuatan kapal dengan pisau tajam panjang dan ramping dan dua pegangan, digunakan untuk menarik bahan dari bagian yang akan dikerjakan.

pisau tajam

Deraan Iron: Sebuah alat pembuatan kapal. Sebuah besi mendempul digunakan ketika ada lubang.

Deraan Iron

Jerry Iron: Sebuah alat pembuatan kapal. Alat besi yang digunakan untuk mengekstraksi oakum lama dari jahitan. Juga disebut meaking besi.

Jerry Iron

Nog: Sebuah treenail kayu atau pin yang digunakan dalam pembuatan kapal

Oker: kapur Red digunakan oleh pembuat kapal untuk menandai kayu.

Ladle: Sebuah sendok besi yang digunakan untuk menuangkan tar mendidih ke dalam lapisan dek untuk menutup dan membuat mereka kedap.

sendok besi

Racing Knife alat pembuat kapal untuk menandai atau ras bentuk yang akan dipotong, sering digunakan untuk menandai atau mencetak bentuk cetakan sepotong kayu.

Reeming Iron: Sebuah alat pembuatan kapal. Sebuah baji besi yang digunakan untuk membuka jahitan sebelum mendempul.

Reeming Iron

Sail Iron: Sebuah alat sailmaking. Sebuah besi kayu yang digunakan untuk menutup dan meratakan jahitan dan jahitan dari layar.

Sail Iron:

Alat pembuat kapal yang digunakan dalam melampirkan papan lambung ke kayu bingkai. Ini terdiri dari batang kayu kokoh, meruncing di kedua ujungnya. Juga disebut wrain mencegah. Digunakan bersama dengan baut cincin disebut wrung- atau wrain-baut, untuk memaksa papan lebih dekat dengan bentuk dan bingkai kapal.