0
  CONTACT US by WHATSAPP
09
Apr
Tipe Jangkar Kapal – Peralatan Kapal
Apr 09, 2017By Velasco Indonesia

Jangkar kapal adalah perangkat penambat kapal ke dasar perairan, di laut, sungai ataupun danau sehingga tidak berpindah tempat karena hembusan angin, arus ataupun gelombang. Jangkar dihubungkan dengan rantai yang terbuat dari besi ke kapal dan dengan tali pada kapal kecil, perahu. Jangkar didesain sedemikian sehingga dapat tersangkut di dasar perairan. Jangkar biasanya dibuat dari bahan besi cor. Ada banyak tipe jangkar kapal:

1. Stockless Anchor
Merupakan tipe jangkar kapal haluan yang banyak digunakan pada kapal – kapal ukuran besar, jangkar tipe ini memiliki tiang jangkar yang dapat bergerak. Jangkar tipe ini sangat efektif bekerja, pada saat jangkar diturunkan maka bagian lengan akan bergerak kearah bawah dikarenakan adanya engsel pada bagian mahkota jangkar ( Crown ) lengan dapat bergerak dengan sudut mencapai 45 derajat. Dengan posisi demikian maka bagian lengan jangkar akan menancap ke dasar laut lebih efektif. Sehingga pada saat tertarik oleh rantai jangkar dengan posisi tiang jangkar sejajar dasar laut maka jangkar akan semakin menancap. Untuk melepas dan mengangkat jangkar, posisi rantai jangkar ditarik tegak dan saat tiang jangkar pada posisi kearah tegak maka lengan jangkar akan terungkit sehingga cengkeraman jangkar lepas dan jangkar ditarik ke atas.

tipe jangkar kapal
tipe jangkar kapal

2. Danforth Stock Anchor
Merupakan jenis jangkar kapal yang memiliki daya cengkeram lebih baik dibanding dengan Stockless Anchor, namun karena adanya tongkat jangkar maka kedua lengan jangkar tidak dapat menancap kedasar laut. Selain hal tersebut tiang jangkar tidak dapat langsung masuk ke Hawse Pipe ( Urlup Jangkar ) dikapal. Jangkar jenis ini biasanya dipakai oleh kapal – kapal jenis khusus dengan ukuran panjang kapal sampai 100 ft.

3. Mushroom Anchor
Jangkar jenis ini hanya digunakan untuk kapal – kapal tertentu yang banyak beroperasi didaerah perairan yang memiliki dasar yang berlumpur. Karena bentuknya menyerupai mangkuk maka tipe ini akan bekerja baik pada daerah berlumpur.

Masih banyak jenis jangkar yang digunakan pada kapal, dikarenakan jangkar merupakan perlengkapan kapal yang diatur oleh peraturan klasifikasi maka jangkar kapal harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh klasifikasi.

Untuk melihat berbagai jenis jangkar kapal yang dijual oleh Velasco Indonesia, anda dapat mengunjungi website kami: www.velascoindonesia.com. Selain menjual jangkar kami juga menjual berbagai perlengkapan dan peralatan kapal.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi kami di email yang telah kami sediakan: cso@velascoindonesia.com