0
  CONTACT US by WHATSAPP
02
Oct
Peralatan Kapal Tanker Minyak
Oct 02, 2016By Velasco Indonesia

Peralatan Kapal Tanker Minyak

Kapal tanker dibuat untuk mengangkut minyak mentah melalui laut atau perairan dari pelabuhan muat atau pelabuhan produksi ke pelabuhan bongkar / pengolahan dan minyak produk dari pelabuhan pengolahan menuju pelabuhan bongkar / distribusi.
Ukuran dari kapal pengangkut minyak mentah biasanya lebih besar dari pengangkut minyak produk, tetapi dalam pengaturan jaringan pipa-pipanya lebih kompleks.
peralatan kapal tanker minyak
 
Faktor-faktor yang mempengaruhi disain dan konstruksi kapal tanker adalah : 
a. Safety : Sebagai pengangkut muatan berbahaya.
b. Stabilitas : Muatan cair dalam tanki dapat bergerak bebas.
c. Pencemaran : Dapat terjadi tumpahan minyak di laut.
TANKI-TANKI MUATAN (CARGO TANKS)
Tanki-tanki Muatan (Cargo tanks) biasanya terbagi tiga bagian secara melintang dan dipisahkan dengan dinding – dinding membujur (longitudinal) sehingga masing – masing disebut Tanki sayap kiri dan kanan (wing tank) serta Tanki tengah (center tank).
Pembagian secara membujur sangat tergantung dari kebutuhan dan ukuran kapal.
Sebagian besar khususnya bagi kapal tanker modern, ruang kamar mesin, akomodasi dan anjungan terletak di belakang ruang muatan yang dipisahkan oleh kamar pompa, cofferdam dan tanki bunker.
PENATAAN PIPA Kapal Tanker
 
Pada dasarnya hal ini tergantung dari fungsi kapal atau jenis muatan yang diangkut, misalnya untuk kapal-kapal tanker pengangkut minyak mentah, penataan pipanya lebih sederhana dibandingkan dengan kapal tanker pengangkut minyak produk dan terdiri dari beberapa grade.
JENIS-JENIS PENATAAN PIPA
SISTEM LINGKARAN PIPA UTAMA (RING MAIN SYSTEM)
Sitem ini umumnya digunakan pada kapal-kapal tanker pengangkut minyak produk.
SISTEM LANGSUNG (DIRECT SYSTEM)
Sistem ini umumnya digunakan pada kapal-kapal tanker pengangkut minyak mentah dengan ukuran sedang dan kapal pengangkut minyak produk sederhana.
Pada sistem ini dibagi menjadi tiga bagian, dimana tiap bagian dilayani oleh satu pipa, yang mana masing-masing dihubungkan satu sama lain agar dapat digunakan secara bersama bila diperlukan.
BAGIAN-BAGIAN DARI SUSUNAN SISTEM PIPA –PIPA KAPAL TANKER ANTARA LAIN ADALAH :
• Deck lines
• Drop lines
• Stripping lines
Cross-overs
• Bypasses
Master valves
• Tank suction valves
• Sea suction valves.
 
CARGO PUMP KAPAL TANKER
Fungsi dari pompa adalah untuk membongkar muatan, membongkar sisa-sisa muatan / pengeringan serta tank washing, ballast dan deballasting.
Kapasitas efektip suatu pompa dipengaruhi oleh tahanan pada pipa dan kerangan, kecepatan dari aliran, Viscosity dari cairan muatan, jarak ketempat penampungan serta Kavitasi di dalam pompa.
KONSTRUKSI PIPA
Pipa isap sependek mungkin, besar, lurus dan di disain agar bebas dari pembentukan kantong udara.
Bila pipa isap memakai Elbow (horison), maka antara pipa dan elbow harus dipasang lurus.
Apabila tidak dipasang pipa lurus, maka aliran cairan yang masuk ke impeller menjadi tidak simetris dan akibatnya kapasitas pompa turun dan suhu Thrust bearing naik.
Suction & discharge pipa yang dekat pompa harus disanggah secara baik sehingga berat dari pipa tidak mengganggu rumah pompa.
Penyambungan flens pipa-pipa isap & tekan terhadap rumah pompa harus rapat terhadap flens dari pipa nozzle pompa, tetapi jangan terlalu kuat waktu pengikatan baut murnya.
Pengaruh pengembangan pipa akibat panas yang timbul harus dapat diredam oleh pipanya sendiri, jangan sampai mempengaruhi rumah pompa.
Pipa harus bebas dari kotoran-kotoran dan saringan isap yang sesuai harus dipasang.
Inilah sebagian dari peralatan kapal tanker minyak. Peralatan kapal tanker minyak sangatlah krusial bagai kapal tanker.