0
  CONTACT US by WHATSAPP
Penyebab Wire Rope Rusak
20
Sep
Beberapa Penyebab Wire Rope Rusak
Sep 20, 2017By Velasco

Terdapat beragam penyebab wire rope rusak. Peran wire rope sangat penting dalam industri perkapalan dan konstruksi, untuk itu sangat penting untuk merawat wire rope agar tetap awet. Sebab meskipun dibuat dari logam bukan berarti wire rope tidak dapat rusak. Pemeriksaan fisik perlu dilakukan setiap hari oleh awak kapal, sementara inspeksi lengkap harus diserahkan kepada ahlinya.

Penyebab Wire Rope Rusak

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab wire rope rusak.
1. Berinteraksi langsung dengan hoist.
2. Korosi akibat kurangnya lubrikasi atau terlalu sering terpapar panas.
3. Akibat terlalu sering ditekuk, dengan pemakaian normal sekalipun, wire rope akan mengalami fatigue.
4. Apabila digunakan untuk mengangkut beban dengan limit melebihi kapasitasnya.
5. Penyalahgunaan pemakaian seperti terlalu sering diseret, atau terkena benda tajam.
6. Apabila menggunakan wire rope dalam kondisi beku atau kaku.
7. Pemasagan wire rope yang tidak benar sehingga terbelit.

Semua hal di atas dapat diminimalisir apabila awak kapal telah memahami prosedur penggunaan wire rope yang baik dan benar. Namun dengan pemakaian yang baik sekalipun, wire rope dapat rusak akibat dua faktor eksternal yang tidak dapat kita cegah berikut ini.
1. Fatigue. Dalam penggunaannya, wire rope mengalami beberapa kali tekukan terutama pada bagian yang memiliki kontak langsung dengan hoist atau katrol. Kerusakan biasanya terlihat pada bagian luar permukaan wire rope. Setelah terdapat satu bagian kecil yang rusak, umumnya kerusakan tersebut akan mudah menyebar
2. Kerusakan internal. Kerusakan semacam ini terjadi di dalam lilitan wire rope dan umumnya dapat timbul perlahan-lahan tergantung beban yang diangkutnya. Sebagian wire rope memiliki desain torque-balanced multi-strand di mana lilitan bagian dalam memiliki arah yang berlawanan dengan lilitan bagian luar wire rope. Umumnya wire rope jenis ini lebih fleksibel. Namun dikarenakan gesekan di bagian dalam yang cukup intens, terutama pada bagian yang menempel dengan hoist, maka kerusakan internal dapat lebih mudah muncul.

PT Velasco Indonesia Persada menyediakan berbagai macam kebutuhan alat teknik, mesin dan sparepart untuk perusahaan manufaktur. Produk-produk kami mencakup power product, alat berat, engine spareparts, dan peralatan kelautan dan kapal.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor turnbuckle dan peralatan teknik dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya.